Diterpa Soal Isu Negatif, Kepercayaan Masyarakat pada Motor Honda Tetap Tinggi

Motor Honda
Motor Honda

Beritakota.id, Jakarta – Meskipun sempat dilanda isu komponen beberapa waktu lalu, kepercayaan masyarakat terhadap motor Honda tetap tinggi, seperti terbukti dalam dua survei terbaru yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) dan lembaga survei independen, Jakpat.

Lintas Generasi

Menurut survei KIC, Honda dianggap sebagai pabrikan motor lintas generasi. Sebanyak 75% responden mengaku menggunakan Honda saat kecil, 74% saat remaja, dan 74% berencana memilih Honda hingga 10–15 tahun ke depan.

Survei ini juga menunjukkan bahwa merek Honda menjadi sepeda motor pilihan mayoritas (67,6%), sedangkan merek lain dipilih oleh sekitar 32,4% responden. Survei dilaksanakan pada 15–21 November 2023 terhadap 2.511 responden dengan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), melibatkan 42% pria dan 58% wanita dengan rentang usia 17–58 tahun.

Survei Jakpat mencapai hasil serupa, dengan 74,6% responden menggunakan sepeda motor Honda. Kategori sepeda motor yang paling banyak digunakan adalah matic, dengan tiga model teratas: Scoopy, BeAT Sporty, dan Vario 125.

Aspek merek terpercaya didominasi oleh Honda sebesar 73%, dan Honda juga dianggap sebagai merek berkualitas tinggi (67%), unggul jauh di atas merek-merek lain. Survei Jakpat melibatkan 1.021 responden berusia 17–54 tahun pada periode 17–23 November 2023 melalui aplikasi Jakpat.

Olivia Widyasuwita, Head of Marketing PT Wahana Makmur Sejati (WMS), distributor resmi sepeda motor Honda di wilayah Jakarta-Tangerang, menyatakan bahwa kedua survei tersebut mengonfirmasi kuatnya kepercayaan masyarakat pada brand motor Honda yang telah terbangun selama berpuluh-puluh tahun.

PT WMS, Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah tersebut, mengundang untuk menemukan produk-produk motor Honda di dealer resmi mereka yang tersebar di Jakarta dan Tangerang.

Seperti pernah ramai diberitakan media massa dan viral di sosial media, sejumlah pengguna sepeda motor merek Honda mengeluhkan terkait rangka baru untuk motor skuter matik (skutik) Honda yaitu rangka eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Dalam sejumlah postingan di media sosial, beberapa warganet mengeluhkan rangka eSAF dari motor Honda ini rawan rusak atau patah saat digunakan. Beberapa warganet juga menyoroti Honda yang menjual rangka eSAF secara terpisah ke masyarakat di tengah ramainya isu soal karatan dan rawan patah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *