Beritakota.id, Tangerang – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan Hyundai CRETA, lini SUV terbaru pada pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Inovasi Hyundai CRETA akan membawa pengalaman berkendara ‘Spotlight in Motion’, dengan makna bahwa CRETA dirancang khusus untuk pelanggan Indonesia, menjadikan mereka sebagai sorotan dalam perjalanan sehari-hari.
SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, “terima kasih atas perhatian dan sambutan yang kami terima dari pelanggan Indonesia – melebihi apa yang kami harapkan. kami dengan bangga menandai pencapaian baru dalam membawa visi kami ke Indonesia melalui produk perdana dari pabrik Hyundai di Indonesia. Hyundai CRETA buatan Indonesia untuk Indonesia tentunya akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi pelanggan kami.”
Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, menambahkan, “Hyundai CRETA adalah sebuah SUV yang didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, berpenampilan mewah, serta dilengkapi dengan fitur Hyundai SmartSense. Hyundai CRETA memiliki karakter yang dinamis dan inovatif, didukung dengan hadirnya Hyundai Bluelink sebagai Connected Car Service serta My Own CRETA yang dapat memenuhi keinginan pelanggan dengan desain CRETA sesuai selera mereka. Produk ini akan menjadi terobosan yang kami hadirkan untuk semakin memperkuat posisi kami sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dan kami berharap agar CRETA mendapatkan tempat yang istimewa di hatil masyarakat Indonesia. ”
Lebih lanjut Makmur, mengatakan, “Hyundai selalu berkomitmen menghadirkan inovasi bermakna yang meningkatkan kualitas hidup pelanggan kami. Hyundai juga selalu mendengarkan pelanggannya dan memberikan terobosan. Hyundai CRETA adalah realisasi dari komitmen tersebut, karena CRETA tidak hanya sekedar SUV yang sempurna bagi pelanggan otomotif Indonesia.”
Tampilan Eksterior yang Stylish dan Menarik Perhatian
Hyundai CRETA memiliki tampilan stylish yang menarik perhatian dan cocok untuk gaya hidup urban masyarakat Indonesia. Sisi depan mobil ini menonjolkan keunikan CRETA dengan adanya lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL.
Karakteristik tersebut juga terdapat pada High Mounted Stop Lamp (HMSL) di sisi belakang, sehingga melengkapi kombinasi yang memberikan kesan kendaraan berteknologi tinggi. Tampilan luar mobil yang sporty juga dilengkapi dengan 17-inch Diamond Cut Alloy Wheels.

Interior Berkelas dengan Nuansa yang Mewah
Hyundai menawarkan berbagai fitur canggih yang menjadikan CRETA sebagai produk unggulan dan terdepan di kelasnya. Seperti Cooled Glove Box***, dimana laci dashboard dapat digunakan sebagai tempat untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman; Ambient Mood Lamp*** dan Panoramic Sunroof**** yang menciptakan kesan dan suasana mewah selama berada di dalam CRETA; dan Ventilated Seat*** kursi yang dapat diatur suhunya untuk memberikan kesejukan dan meningkatkan kenyamanan bagi penumpang dan pengemudi.
Kepuasan memiliki CRETA akan semakin bertambah dengan hadirnya Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci*** dengan tampilan digital sebagai akses ke berbagai pengaturan fitur kenyamanan, termasuk pengaturan warna tampilan pada panel instrument cluster, yang juga dapat berubah saat menyesuaikan mode berkendara atau driving mode. Dari sisi infotainment, CRETA juga dilengkapi dengan layar Display Audio berukuran 8 Inci** dengan berbagai fitur dan dapat terhubung ke smartphone. Perangkat ini terhubung ke 8 (delapan) unit speaker BOSE Premium Sound System*** yang memberikan suara jernih dan kenyamanan yang sempurna.
Hadir Dengan Teknologi Inovatif dan Layanan Khusus
- Hyundai Bluelink
Inovasi Connected Car Service dari Hyundai yang memungkinkan pelanggan untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone. Hyundai Bluelink memberikan akses penuh kepada pemilik CRETA untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, untuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.
Teknologi ini juga akan menyediakan keamanan dan kenyamanan, karena melalui Hyundai Bluelink, pelanggan dapat memperoleh akses ke berbagai fitur canggih, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang akan beroperasi saat upaya pencurian kendaraan sedang terjadi dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan memungkinkan pengguna Hyundai Bluelink untuk mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka. Fitur-fitur tersebut kemudian juga didukung oleh Stolen Vehicle Immobilization, yaitu layanan yang tersedia di Hyundai Bluelink agar pengguna dapat menghubungi Call Center dan meminta mobil yang dicuri untuk segera diberhentikan pengoperasiannya sementara waktu. Selain itu, ada juga ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA) yang dapat digunakan oleh pemilik mobil di situasi darurat lainnya, seperti saat membutuhkan bantuan medis atau saat mobil mengalami kerusakan.
Melalui Hyundai Bluelink, pemilik mobil dapat selalu memastikan bahwa kendaraanya selalu berada dalam kondisi prima, karena teknologi ini telah dilengkapi dengan: Manual/Automatic Diagnostic Report yang secara otomatis akan melakukan diagnosa jika terjadi kejanggalan pada mobil, di mana fungsi yang sama juga dapat diterapkan secara manual; Driving Information and Vehicle Health Report yang akan menyediakan laporan bulanan atas berbagai aktivitas yang telah dilakukan mobil; dan Vehicle Status Check/Notification yang membantu menginformasikan kondisi perawatan mobil dalam bentuk notifikasi pada aplikasi.
Ada lebih banyak lagi fitur pada Hyundai Bluelink yang secara terus-menerus akan menjaga keamanan mobil, yaitu mencakup: Geo-Fence Notification untuk mengatur perimeter atau batasan digital pada mobil dan akan menginformasikan kepada pemilik mobil apabila batasan tersebut dilewati; Speed Notification untuk mengatur batas kecepatan mobil; Time-Fence Notification untuk mengatur batas waktu operasional mobil; Valet Mode untuk melindungi mobil saat sedang menerima layanan parkir valet; dan Idling Time Notification untuk memberi peringatan apabila mesin mobil menyala melebihi batas waktu yang ditetapkan.
- MY Own CRETA
Sebuah layanan yang akan memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk memilih fitur dan tampilan CRETA sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan minat mereka. Layanan spesial ini khusus disediakan untuk varian Trend dari CRETA. My Own CRETA tersedia di platform Click-to-Buy yang dapat diakses melalui website resmi HMID, www.hyundai.com/id/id.
Layanan khusus My Own CRETA memberikan pelanggan pilihan 10 paket fitur dan hingga 10 warna eksterior, 2 (dua) warna interior, dan 3 (tiga) jenis Radiator Grille atau Daytime Running Light. Semua pilihan tersebut akan membuka jalan ke lebih dari 9.000 kombinasi di dalam CRETA, sehingga pelanggan bisa mendapatkan mobil yang paling sesuai dengan kepribadiannya masing-masing.10 Paket Fitur yang dapat dipilih melalui My Own CRETA termasuk:

- Sport: Tilt & Telescopic Steering Wheel, danPaddle Shift.
- Lighting: LED Headlamps, LED Rear Combination Lamps, danDark Chrome Radiator Grille + DRL.
- Sunroof + Two Tone Roof: Panoramic Sunroof, Two Tone Roof, dan LED Personal Lamp.
- Premium: Ventilated Seat di Baris Pertama, Side Curtain Airbag, Glove Box Cooling, Ambient Mood Lamp, Embroidered Leather, dan High Gloss Center Console.
- Outdoor: Luggage Net, Luggage Power Outlet, danFront/Rear Mud Guard.
- BOSE Sound: BOSE Premium Sound (External Amp. + 8 Speakers).
- Air Purifier: Armrest Type Air Purifier.
- Body Kit: Front/Rear Skid Plate atauSide Skirt.
- Red Color Pack: Front/Rear Skid Plate atau Side Skirt (termasukbody kit), Dark Chrome Radiator Grille + DRL, dan Black Body Color + Red Accent Color.
- High-Tech: 10.25-inch Full TFT LCD Meter Cluster/ Cruise Control, termasuk pilihan dari berbagai fitur keamanan Hyundai SmartSense, yang mencakup: Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) / Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) / Safe Exit Warning (SEW), Lane Keeping Assist (LKA) / Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) / Driver Attention Warning (DAW), Drive Mode Select (DMS), danRear Occupant Alert (tanpa sensor).
Fitur Keamanan dan Hyundai SmartSense
Hyundai CRETA telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan terdepan yang akan bekerja secara signifikan dalam mendukung pelanggan untuk mengemudi dengan lebih aman, seperti: Hill-Start Assist Control (HAC)** yang akan membantu mencegah mobil bergerak mundur tanpa disengaja saat posisi mobil berhenti di kondisi tanjakan; Emergency Stop Signal (ESS)**; fitur yang secara otomatis menyalakan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak; dan Vehicle Stability Management (VSM)**, sebuah sistem yang membantu kendaraan untuk tetap dalam kondisi stabil pada saat meningkatkan kecepatan atau melakukan pengereman secara mendadak pada kondisi jalanan yang basah, licin, dan tidak mulus.
Hyundai CRETA juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense, sistem bantuan pengemudi mutakhir dari Hyundai yang diciptakan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan dalam berkendara. Sistem di Hyundai SmartSense akan terus memantau area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya pada saat mengemudi.
Salah satu fitur dari Hyundai SmartSense adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)****, sebuah sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan. Jika diperlukan, mobil akan secara otomatis mengerem jika sistem menilai adanya tabrakan yang akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki di area depan mobil.
Selain itu, ada pula Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA).**** Keduanya akan membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio, serta membantu mengembalikan mobil ke posisi ideal apabila keluar dari jalur marka.
Fitur keselamatan juga ditingkatkan dengan adanya Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)***, yang mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang untuk membantu menghindari potensi tabrakan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga mencakup situasi saat pelanggan melakukan parkir paralel. Selanjutnya terdapat pula Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)**, yaitu fitur yang berfungsi saat mobil melakukan posisi parkir mundur, di mana sensor akan mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kiri atau kanan belakang, memberikan peringatan audio, dan secara otomatis mengaktifkan rem bila diperlukan.
Masa Depan Ekosistem EV dari Hyundai
Di ajang GIIAS 2021, Hyundai juga memamerkan apa yang menjadi komitmen jangka panjangnya untuk mobilitas masa depan Indonesia, yaitu ekosistem mobil listrik atau electric vehicle (EV), inovasi global untuk ekosistem EV, di antaranya adalah mobil konsep EV ‘Prophecy’. Prophecy adalah konsep visioner yang mengekspresikan desain terbaru Hyundai, Sensuous Sportiness. Prophecy menampilkan konsep aerodinamika terdepan, di mana menjadi karakteristik yang sangat diperlukan untuk sebuah EV.
Prophecy juga menggunakan teknologi berkendara otonom. Pada sisi kemudi, mobil konsep EV ini memiliki dua joystick sebagai kendali mobil saat berbelok yang diletakkan pada bagian tengah dan sisi pintu, sehingga dapat dikendalikan oleh pengemudi dengan nyaman. Pengunjung GIIAS 2021 dapat melihat secara langsung tampilan Prophecy yang berlokasi di area depan booth Hyundai.
Selain itu, Hyundai juga menampilkan E-GMP (Electric Global Modular Platform), sebuah platform masa depan untuk EV yang dikembangkan oleh Hyundai Motor. Hyundai sedang dalam proses untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2045 dengan menetralkan emisi CO2 di semua tahap produksi dan operasi. Dengan menerapkan platform tersebut, Hyundai akan meluncurkan setidaknya 23 model EV baru hingga akhir 2025 dan akan memasok sebanyak lebih dari satu juta unit EV ke penjuru dunia. E-GMP akan memberikan banyak manfaat penting bagi model EV Hyundai, seperti lebih ringkas sehingga dapat mengoptimalkan ruang dan bobot; meningkatkan efisiensi daya, kemampuan untuk menggunakan kapasitas baterai yang sama namun dapat memberikan jarak tempuh lebih jauh; pengisian daya baterai yang jauh lebih cepat; dan membuat EV menjadi lebih nyaman untuk dikendarai.
Selama pagelaran GIIAS 2021, Hyundai Motors Indonesia pastinya turut menghadirkan jajaran produk EV nya saat ini, yaitu KONA Electric dan IONIQ Electric, yang mana merupakan lini produk EV unggulan dari Hyundai yang sudah mendapat sambutan positif dari konsumen otomotif Indonesia. Hyundai juga membawa KONA Electric dengan tanda tangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang ditandatangani saat kunjungan Presiden ke Ulsan, Korea Selatan pada 26 November 2019 lalu. Kendaraan tersebut menjadi simbol kerjasama Indonesia dan Hyundai dalam menginisiasi era elektrifikasi di tanah air.
Kemajuan Hyundai di Industri Otomotif Indonesia
Sejak Hyundai hadir untuk semakin memperkuat industri otomotif Indonesia, Hyundai telah menyiapkan berbagai komitmen jangka panjang, mulai dari mendirikan pabrik pertamanya di Asia Tenggara dengan nilai investasi mencapai USD 1,55 miliar hingga tahun 2030, serta membuat produk dan layanannya lebih dekat lagi ke pelanggan di Indonesia dengan rencana untuk mengembangkan jaringan dealer hingga 100 showroom di seluruh Indonesia.
Kemajuan komitmen tersebut dapat dilihat oleh pengunjung GIIAS saat mengunjungi zona korporasi di booth Hyundai. Lewat tampilan LED, para pengunjung dapat melihat wujud pabrik Hyundai Motor di Cikarang, Jawa Barat yang telah memasuki tahap akhir pembangunan, serta melihat proses manufaktur dari sebuah mobil. Tepat di sebelah area tersebut, pengunjung akan menemukan peta Indonesia yang menunjukkan titik lokasi jaringan dealer Hyundai yang telah dan akan dikembangkan di Tanah Air.
Hyundai telah memperkenalkan layanan before-service, terobosan baru di dunia otomotif global. Before-service sendiri merupakan standar global Hyundai untuk memberikan kenyamanan lebih kepada pelanggan dengan melakukan diagnosa menyeluruh terhadap kendaraan mereka, bahkan sebelum memasuki masa servis atau perawatan rutin. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mengetahui semua kebutuhan perawatan kendaraan mereka lebih awal, sehingga sebelum tiba saatnya untuk melakukan servis rutin, pelanggan dapat menerima hasil dan layanan perawatan yang lebih maksimal. Selama GIIAS 2021 di booth Hyundai, akan ada area khusus untuk before-service bagi pengunjung untuk mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya before-service bagi kendaraan mereka.
Dengan Hyundai CRETA, pelanggan Indonesia dapat memiliki semua kecanggihan dari Hyundai Bluelink dan My Own CRETA.
HMID dengan mengusung tema ‘Indonesia: Into the Spotlight of Innovations’, untuk merefleksikan posisi Indonesia saat ini yang menjadi sorotan di Asia dan salah satu kekuatan ekonomi yang sedang berkembang. Dimana juga selaras dengan visi Hyundai dalam mendukung Indonesia menjadi salah satu pusat inovasi industri otomotif dunia.
Melalui teknologi, inovasi dan banyaknya keunggulan yang dimiliki Hyundai CRETA, sudah selayaknya menjadi pilihan untuk performa kendaraan anda.