Poland Festival Indonesia 2024 Ungkap Potensi Polandia

Poland Festival Indonesia 2024 tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima. Nampak dalam foto dari kiri ke Kanan adalah Cezary Filipek selaku Manajer PAIH Jakarta, Maciej Tumulec selaku Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Polandia untuk Indonesia, Reni Ekowati selaku Store Manager Grand Lucky SCBD dan Jacek Kolomyjec selaku Kepala PAIH Jakarta. (Herman Effendi/Beritakota.id)

Beritakota.id, Jakarta – Poland Festival Indonesia kembali hadir untuk merayakan keragaman budaya dan mempererat hubungan strategis antara Polandia dan Indonesia. Diselenggarakan oleh Polish Investment and Trade Agency (PAIH) di Grand Lucky Superstore SCBD pada Minggu (10/11/2024). Acara ini menjadi festival budaya dan perdagangan terbesar Polandia di ASEAN.


Festival tahunan ini memasuki edisi kelima. Mengukuhkan komitmen Polandia untuk menjalin kemitraan jangka panjang di sektor budaya, ekonomi, dan inovasi bersama Indonesia. Sebanyak lebih dari 500.000 pengunjung hadir sejak pertama kali diadakan pada 2019.

Diantara negara-negara Uni Eropa lainnya, inisiatif Polandia ini merupakan yang terbesar yang diselenggarakan di Indonesia. Lewat ajang ini, masyarakat Indonesia dapat mengenal budaya dan potensi bisnis dari Polandia.

“Poland Festival Indonesia adalah wujud nyata dari tekad kami untuk memperkuat kerja sama antara Polandia dan Indonesia. Kami ingin membangun hubungan yang lebih dari sekadar transaksi ekonomi, tetapi juga hubungan yang penuh makna di bidang budaya, pendidikan, dan inovasi,” ujar Cezary Filipek, Manajer PAIH Jakarta.

Festival berlangsung sejak 4 November hingga 17 November 2024. Sejumlah agenda menarik turut diselenggarakan di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali. Dengan kehadiran di beberapa wilayah ini, Poland Festival memperluas akses masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan Polandia dan peluang bisnis yang bisa dijalin dengan negara Eropa Timur ini.

Beberapa program utama festival yang menarik perhatian masyarakat Indonesia, mulai dari pameran pendidikan hingga temu bisnis pelaku industri bahan dan komoditi, fast moving consumer goods. Bahkan untuk mendukung industri Game, pihak PAIH berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk mendukung pengembangan industri game di kedua negara dalam acara IGDX Gaming Expo & Conference.

Tidak hanya itu, acara Friendship Walk yang diadakan pada Car Free Day di Jakarta turut menjadi simbol persahabatan antara Polandia dan Indonesia. Komunitas dari berbagai latar belakang bergabung untuk merayakan hubungan yang semakin erat antara kedua negara.

Poland Festival juga menghadirkan Paviliun Polandia di sejumlah lokasi di Indonesia. Pengunjung dapat menemukan produk-produk unggulan Polandia di beberapa pusat perbelanjaan, seperti Hokky Citraland Surabaya, Grand Lucky Superstore di Sanur Bali, hingga berbagai lokasi di Jakarta termasuk SCBD, Radio Dalam, BSD, dan Pantai Indah Kapuk.

Tahun 2025 akan menjadi momen bersejarah bagi hubungan diplomatik Polandia dan Indonesia yang genap berusia 70 tahun. Momentum ini diharapkan semakin mempererat kerja sama di bidang-bidang strategis, mulai dari pembangunan hijau, industri kreatif, pertanian, hingga transportasi berkelanjutan.

Selain pameran produk unggulan seperti teknologi, kerajinan tangan, dan kuliner khas Polandia, festival ini menyuguhkan seminar dan workshop bertema teknologi hijau dan inovasi bisnis. Poland Festival Indonesia juga menjadi platform bagi perusahaan Polandia untuk memperkenalkan solusi energi terbarukan dan sistem transportasi berkelanjutan yang cocok untuk pasar Indonesia.

“Kami ingin memastikan bahwa kerja sama ini tidak hanya berupa angka, tetapi memberikan dampak nyata bagi masyarakat kedua negara,” ungkap Maciej Tumulec, Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Polandia untuk Indonesia.

“Indonesia adalah pasar yang sangat potensial bagi kami. Melalui festival ini, kami ingin memperkenalkan produk dan inovasi Polandia yang dapat mendukung upaya keberlanjutan di Indonesia,” ucap Cezary Filipek, Manajer PAIH Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Reni Ekowati, Store Manager Grand Lucky SCBD, menyampaikan apresiasi atas respons positif dari para pengunjung terhadap pameran Poland Festival.

“Ini adalah kali kelima Grand Lucky SCBD menjadi lokasi penyelenggaraan Poland Festival, dan kami sangat bangga dengan sambutannya yang begitu antusias. Pameran ini tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga menarik banyak pengunjung yang menikmati berbagai penawaran dan diskon menarik. Kami melihat ini sebagai kesempatan besar untuk terus mempererat hubungan dengan pelanggan kami melalui produk-produk khas Polandia yang jarang ditemukan di tempat lain,” kata Reni.

Poalnd Festival Indonesia 2024, menampilkan budaya dan juga peluang bisnis Polandia – Indonesia, digelar di Jakarta hingga 17 November 2024. (Herman Effendi/Beritakota.id)

Secara keseluruhan, Poland Festival Indonesia bukan hanya sebuah festival budaya, tetapi juga merupakan peluang emas bagi kedua negara untuk memperkuat hubungan dalam berbagai sektor yang saling menguntungkan. Dengan semakin berkembangnya hubungan antara Polandia dan Indonesia, harapan akan munculnya lebih banyak proyek strategis di masa mendatang semakin tinggi.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin tahu lebih banyak tentang Polandia—dalam hal budaya, teknologi, ataupun peluang bisnis—Poland Festival Indonesia 2024 adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Festival ini mempersembahkan potensi besar dalam kolaborasi internasional, sekaligus memperkenalkan inovasi Polandia yang dapat membawa manfaat bagi pertumbuhan dan keberlanjutan di Indonesia. (Herman Effendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *