Beritakota.id, Jakarta – Dalam rangka memperkuat pemahaman publik terhadap inisiatif global PEACE FOR ALL, UNIQLO Indonesia hari ini menggelar konferensi pers di Dia.Lo.Gue Kemang, Jakarta Selatan. Program ini memanfaatkan medium universal seperti T-shirt untuk menyebarkan pesan perdamaian dan solidaritas global. Sejak diluncurkan pada Juni 2022, UNIQLO telah berhasil menggalang donasi sebesar Rp4,9 miliar dari penjualan T-shirt PEACE FOR ALL di Indonesia.
Seluruh keuntungan dari penjualan T-shirt tersebut disalurkan kepada Save the Children Indonesia, yang menjadi mitra kemanusiaan lokal dalam pelaksanaan program. Dana tersebut digunakan untuk mendukung perlindungan anak dan pembangunan komunitas yang inklusif, termasuk edukasi anti-kekerasan dan peningkatan akses sanitasi di lingkungan sekolah.
Dalam tahap pertama implementasi pada tahun 2024, program PEACE FOR ALL menyasar wilayah Sleman, Yogyakarta, dengan pelaksanaan kampanye anti perundungan serta peningkatan akses sanitasi (WASH) di 6 sekolah. Program ini telah menjangkau lebih dari 2.300 anak dan 3.400 orang dewasa.
Baca Juga : Arigato Indonesia 2025, Bentuk Apresiasi UNIQLO Ke Pelanggan
Melihat keberhasilan fase awal, UNIQLO bersama Save the Children berencana untuk memperluas program ke 10 sekolah di Bandung, Jawa Barat, pada periode 2025–2026. Ekspansi ini dilakukan sebagai respon terhadap tingginya angka kekerasan terhadap anak serta terbatasnya akses air bersih dan sanitasi di wilayah tersebut.
“Kami percaya PEACE FOR ALL lebih dari sekadar T-shirt. Ini adalah pernyataan nilai dan komitmen untuk menciptakan dunia yang lebih damai,” ujar Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO), Rabu (23/7/2025).
Program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung melalui fasilitas sanitasi dan edukasi di sekolah, tetapi juga membentuk gugus tugas lokal dan komite sekolah untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang. Pendekatan ini diharapkan mampu memperkuat advokasi yang dipimpin oleh anak dan mendorong partisipasi aktif dari guru dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif.
“Inisiatif PEACE FOR ALL telah membawa dampak signifikan bagi anak-anak di Indonesia, mulai dari peningkatan kesadaran terhadap anti-kekerasan hingga penguatan kapasitas komunitas,” ungkap Fadli Usman, Director of Humanitarian and Impact Innovation Save the Children Indonesia.
Secara global, hingga akhir April 2025, PEACE FOR ALL telah menjual lebih dari 7,19 juta T-shirt dan mengumpulkan donasi lebih dari US$15 juta. Proyek ini telah melibatkan 45 kolaborator internasional, termasuk kolaborasi terbaru bersama legenda Major League Baseball Ichiro dan aktor ternama Koji Yakusho.
Pameran instalasi di Jakarta hari ini menampilkan perjalanan program PEACE FOR ALL, pencapaian global, koleksi T-shirt terbaru, serta testimoni dan dokumentasi implementasi nyata di Indonesia. (Herman Effendi / Lukman Hqeem)