Beritakota.id, Jakarta – PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong transformasi digital melalui pengembangan aplikasi digital saving andalan, Raya App. Sejak diluncurkan pada tahun 2022, aplikasi ini mengalami pertumbuhan pesat baik dari sisi pengguna maupun volume transaksi, sekaligus memperkuat posisinya sebagai bagian dari strategi Bank Raya menjadi digital attacker dari BRI Group.
Hingga Juni 2025, penggunaan transaksi melalui Raya App tercatat mencapai 2,1 juta transaksi, tumbuh 42,7% secara tahunan (year-on-year/yoy). Jumlah pengguna pun terus meningkat dengan total lebih dari 1,05 juta nasabah. Seiring dengan peningkatan penggunaan aplikasi, pertumbuhan dana digital saving juga meningkat signifikan sebesar Rp1,5 triliun atau tumbuh 66,6% yoy, yang turut mendorong pertumbuhan dana murah (CASA) sebesar 7,6% yoy menjadi Rp2,5 triliun, dan meningkatkan rasio CASA Bank Raya menjadi 29,72% per Kuartal II/2025 dari 26,77% pada periode yang sama tahun lalu.
Dalam ketwrangn resmi yang diterima redaksi, Jumat (15/8/2025), Direktur Bisnis Bank Raya, Kicky Andrie Davetra, menyatakan bahwa pengembangan Raya App dilakukan dengan pendekatan built to last, yaitu menghadirkan produk digital yang relevan dan berkelanjutan. “Kami menjaga produk yang diluncurkan adalah produk digital berkualitas dan essential sehingga menciptakan pengalaman perbankan yang berfokus pada kenyamanan, efisiensi, dan kepuasan nasabah,” ungkap Kicky.
Salah satu fitur unggulan dalam Raya App adalah Fitur Saku, yang terbagi menjadi beberapa jenis sesuai kebutuhan pengguna: Saku Bujet, Saku Pintar, Saku Jaga, serta Saku Bisnis dan QRIS Bisnis bagi pelaku usaha, serta Saku Bareng untuk menabung secara kolektif. Fitur ini hadir sebagai solusi pengelolaan keuangan yang praktis, khususnya bagi masyarakat urban dengan mobilitas tinggi.
“Melihat kebutuhan masyarakat modern akan pengelolaan keuangan yang fleksibel dalam satu aplikasi, kami kembangkan Fitur Saku sebagai champion product yang menjawab kebutuhan tersebut,” tambah Kicky.
Hingga pertengahan 2025, total 83 fitur telah tersedia dalam Raya App, mencakup berbagai kebutuhan finansial seperti pembayaran QRIS, top up e-wallet, pembelian pulsa dan token listrik, pembayaran tagihan (listrik, internet, TV kabel, kartu kredit, BPJS), hingga pembayaran zakat dan donasi. Nasabah juga bisa melakukan setor dan tarik tunai di ATM BRI, Agen BRILink, serta jaringan Indomaret di seluruh Indonesia.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pengalaman pengguna, Bank Raya juga memperkenalkan dua inovasi terbaru: Raya Paylater dan Raya Story.
Raya Paylater merupakan layanan Buy Now Pay Later (BNPL) yang memberikan opsi pembiayaan tambahan kepada nasabah dengan sistem pembayaran yang fleksibel dan transparan.
Raya Story adalah fitur analisis keuangan interaktif yang menyajikan ringkasan aktivitas finansial pengguna dalam format layaknya story di media sosial. Informasi yang ditampilkan meliputi uang masuk dan keluar, transaksi terbanyak, total cashback dan promo, serta rekomendasi fitur yang relevan.
Raya App juga mengusung desain yang mengedepankan prinsip aksesibilitas dengan mengadopsi standar Web Content Accessibility Guidelines (WCAG). Pengguna dapat menyesuaikan kontras warna, jarak teks, dan ukuran font demi kenyamanan membaca. Selain itu, aplikasi ini dirancang ringan dan memiliki user interface (UI) intuitif, serta memungkinkan personalisasi menu sesuai preferensi nasabah.
Dari sisi keamanan, Raya App dilengkapi fitur two-factor authentication (2FA) untuk verifikasi perangkat baru serta sistem pengamanan transaksi berbasis verifikasi tambahan, yang memberikan kontrol lebih besar kepada nasabah terhadap limit dan proteksi transaksi.
Dengan berbagai pengembangan ini, Bank Raya menegaskan posisinya sebagai bank digital yang adaptif terhadap kebutuhan nasabah dan pelaku usaha. “Kami terus menciptakan teknologi yang mendorong kemajuan nasabah secara inklusif, serta secara bersamaan terus meningkatkan user experience seluruh pengguna Raya App,” tutup Kicky.
Bank Raya optimistis bahwa ke depan, Raya App akan menjadi solusi keuangan digital yang tidak hanya relevan, namun juga menjadi pilihan utama masyarakat dalam bertransaksi secara mudah, aman, dan efisien. (Herman Effendi/Lukman Hqeem)