Iptek  

Kolaborasi Kairos Mukti Jaya dan UBL untuk Program Merdeka Belajar

Beritakota.id, Jakarta – PT. Kairos Multi Jaya berkolaborasi dengan Universitas Budi Luhur mengadakan workshop bertema “Basic Digital Audio & Mixing Workflow” di Ruang Theater, Lantai 4, Universitas Budi Luhur, Tangerang, Rabu (4/7/2024).

Workshop tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum, guru, dosen, hingga mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, dengan total peserta mencapai ratusan orang.

Workshop dibuka dengan sambutan dari Dr. Putri Suryandari, M.Ars, Dekan Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur, diikuti oleh sambutan dari Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc, Rektor Universitas Budi Luhur. Dalam sambutannya, Rektor menekankan pentingnya kegiatan workshop yang berkelanjutan.

Ia menyatakan bahwa peran kesempurnaan dalam konteks tata suara sangat berhubungan erat dengan kegiatan di kampus, yang tentunya dapat menunjang kelancaran Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Baca Juga: Binus Implementasikan Platform Learning Based Recognition Dukung Program Merdeka Belajar

Kolaborasi harmonis antara PT. Kairos Multi Jaya dan dunia pendidikan juga telah dilakukan sebelumnya dengan Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Teknologi Bandung.

Workshop kolaborasi yang ketiga ini mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang menyoroti peran penting kegiatan ini dalam memajukan talenta anak bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Setelah sambutan dan video ucapan dari Sandiaga Salahuddin Uno, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Dr. Putri Suryandari, M.Ars, Dekan Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur, dan Johannes Martin Wijaya, Board of Director PT. Kairos Multi Jaya. Nota Kesepahaman tersebut mencakup kerja sama yang bertujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui industri tata suara.

Workshop ini menghadirkan tiga materi penting yang dibawakan oleh para narasumber. Sesi pertama dimulai dengan pemaparan materi oleh Sri Kurniasih, M.Ars, dosen tetap Arsitektur dan Ketua Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur.

Beliau menjelaskan mengenai ruang akustik, prinsip dasar, faktor penunjang, dan solusi yang memengaruhi kualitas suara dalam setiap ruangan.

Materi kedua membahas dasar-dasar digital audio, serta pengetahuan dan fungsi perangkat dalam mixer dan perangkat lunak pendukungnya.

Sesi terakhir menampilkan praktek langsung mengenai teknik mixing yang efektif, serta perekaman dan pengolahan hasil rekam yang dipresentasikan oleh tim engineering dari PT. Kairos Multi Jaya.

Menurut Johannes Martin Wijaya, workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwa basic digital audio dan mixing workflow dapat berkontribusi positif dalam menunjang daya cipta dan berekspresi, khususnya di dunia pendidikan. Workshop ini dimulai dengan pengenalan dasar, penataan, pengaturan, dan optimalisasi perangkat audio agar tercipta kondisi tata suara yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan setiap kegiatan.

Workshop ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis tetapi juga membangun sinergi antara dunia industri dan pendidikan untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Penulis: Fendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *