PD IPI Jakarta Gelar Rakor Perkuat Kompetensi Pustakawan dan Buka Puasa

Beritakota.id, Jakarta – Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Jakarta menggelar rapat koordinasi dan buka puasa bersama, Rabu (27/3) di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jl. Salemba Raya No.28a Jakarta Pusat.

Mengusung tema “Menguatkan Dalam Kebersamaan” menjadi semangat kegiatan ini dengan tujuan untuk memperkokoh soliditas kepengurusan PD IPI sekaligus memetakan permasalahan-permasalahan kepustakawanan seraya mencari solusi dalam bentuk program kerja organisasi ke depan.

Rakor yang dihadiri oleh jajaran pengurus, pembina dan perwakilan dari Pengurus Pusat IPI ini menghasilkan beberapa masukan strategis untuk kemudian akan ditindaklanjuti dengan rencana aksi masing-masing bidang.

Ramadhan menjadi momentum kebersamaan untuk mengoptimalkan roda organisasi profesi ini.

Bambang Chidir Sunarto, Ketua IPI Jakarta dalam sambutannya menyampaikan perlunya penguatan kompetensi para pustakawan dan pengelola perpustakaan di Jakarta.

“PD IPI Jakarta harus mengambil peran dalam upaya meningkatkan kualitas para pustakawan dan pengelola perpustakaan. Pelatihan dan bimtek kepustakawanan yang telah berjalan dan menyasar perpustakaan sekolah perlu digenjot lagi melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait, ” tambahnya.

Sementara itu Joko Santoso, Pembina IPI Jakarta memberikan tantangan kepada segenap pengurus IPI Jakarta untuk mampu menciptakan kegiatan-kegiatan yang inovatif dan berkesinambungan sebagai bagian dari kontribusi lembaga profesi ini dalam mengamplifikasi gerakan literasi.

Jajaran pengurus harus lebih sering melakukan pertemuan-pertemuan, baik luring maupun daring sebagai ajang diskusi merespon isu-isu terkini dunia perpustakaan dan kepustakawanan.

“Tidak semua program dan kegiatan harus berbasiskan anggaran. Tetapi lebih mengedepankan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak. Diskusi, bedah buku, kegiatan enulisan yang melibatkan para pustakawan harus terus dihidupkan. Perpustakaan Nasional RI siap mendukung dalam hal penyiapan tempat atau ruangan-ruangan untuk menggelar kegiatan-kegiatan tersebut, ” tambah Joko Santoso yang juga sebagai Pejabat Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI ini.

Dalam kesempatan ini, Joko Santoso banyak menggali dan mengeksplorasi peran lebih besar yang dapat dilakukan IPI sebagai organisasi profesi. IPI harus mampu menjawab segala perkembangan yang terjadi, baik terkait kemajuan bidang TIK maupun kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang relevan dengan keberadaan IPI ini sendiri.

Baca juga: Perpusnas Inisiasi Progam 10 Ribu Perpustakaan Desa di Seluruh Indonesia

Robinson Rusdi dari Pengurus Pusat IPI mengapresiasi kegiatan ini seraya memberikan beberapa masukan untuk kegiatan-keguatan yang dapat dijalankan IPI Jakarta.

Diantaranya adalah dengan mengoptimalkan keberadaan beberapa perpustakaan khusus untuk dijadikan sarana menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kepustakawanan secara bergantian.

Pada sesi rapat koordinasi, PD IPI Jakarta yang terdiri dari 6 (enam) bidang yaitu Bidang Organisasi dan Keanggotaan; Bidang Pengembangan Profesi, Pendidikan dan Pelatihan; Bidang Usaha dan Dana; Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Pengabdian Masyakat; Bidang Sertifikasi dan Akreditasi serta Bidang Penerbitan, Hubungan Masyarakat dan Publikasi menginventarisasi temuan dan permasalahan sekaligus menawarkan program kegiatan untuk menjawab temuan tersebut.

Dari rakor ini, masing-masing bidang kerja diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan menyusun action plan yang terukur dan menetapkan timeline pelaksanaannya. Rapat koordinasi ini diakhiri dengan buka puasa bersama jajaran pengurus dan pembina IPI Jakarta.

Rangkaian dua kegiatan ini semoga semakin menguatkan kebersamaan IPI Jakarta dalam menyongsong program-program organisasi. Selaras dengan temanya “Menguatkan Dalam Kebersamaan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *