Iptek  

5 Alasan Smartphone Ini Cocok untuk Belajar Daring

Beritakota.id, Jakarta – Sebaran Virus COVID-19 menuntut masyarakat untuk saling menjaga jarak. Imbasnya, sekolah yang dulunya digelar di kelas, terpaksa harus diselenggarakan secara daring. Demi menciptakan kualitas belajar virtual yang nyaman, salah satu kuncinya adalah didukung oleh smartphone yang memadai.

Di antara merek HP yang ada di Indonesia, Oppo A30 bisa menjadi pilihan terbaik untuk menunjang aktivitas belajar online anak-anak. Mengapa memilih Oppo A30? Cek 5 keunggulannya berikut ini.

Layar Jumbo

Jika Anda sedang mencari smartphone sebagai perangkat belajar anak, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran layar.

Ukuran layar ponsel yang luas akan membantu meningkatkan kenyamanan pengguna ketika menatap materi belajar online dalam waktu yang lama. Di sisi lain, ukuran layar yang luas juga bisa mencegah anak menatap smartphone terlalu dekat.

Berangkat dari pernyataan di atas, sebelum membeli pastikan smartphone incaran memiliki ukuran layar minimal 6.3 inci. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih Oppo A30 karena perangkat ini menggunakan layar IPS berukuran 6.5 inci dengan resolusi HD Plus 720×1600 piksel.

Buat yang belum tahu, kombinasi teknologi IPS dan resolusi HD plus mampu membuat pengguna merasa nyaman ketika menonton video belajar. Demi menjaga layar agar tidak cepat rusak, Oppo turut menyematkan fitur anti-gores sebagai pelindung.

Kualitas Kamera Jempolan

Kegiatan belajar mengajar di kelas memang lebih enak bila dibandingkan dengan sekolah online. Pada normalnya, belajar di kelas memungkinkan setiap murid untuk saling berinteraksi dan mengenal satu sama lain. Beda halnya dengan kelas online. Baik peserta belajar dan tenaga pengajar, keduanya membutuhkan kualitas kamera terbaik agar bisa mengenali satu sama lain.
Di sisi lain, kamera yang jernih juga akan menunjang kegiatan belajar anak, terutama jika mereka mendapatkan tugas untuk membuat video. Agar hasil rekaman tidak mengecewakan, Anda membutuhkan smartphone dengan kualitas kamera jempolan.

Di bagian fotografi, Oppo A30 mampu memberikan hasil foto dan rekaman yang memuaskan. Menurut spesifikasinya, Oppo A30 hadir dengan 3 lensa pada kamera belakang. Secara spesifik, kamera utamanya memiliki resolusi 12 MP (f/1.8) ditambah 1 kamera makro ukuran 2 MP (f/2.4) dan 1 depth sensor 2 MP (f/2.4). Untuk keperluan selfie, kamera depan Oppo A30 menggunakan lensa beresolusi 8 MP (f/2.0).

Dalam sebuah pengujian, kamera Oppo A30 mampu menghasilkan gambar dengan warna yang tajam, tetapi tetap natural di siang hari. Lebih dari itu, perangkat ini turut menyediakan opsi pengambilan gambar dalam 1 kali zoom, 2 kali zoom, dan 5 kali zoom. Ketiga opsi tersebut sama-sama mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih, tajam, sekaligus detail. Fitur lain pada kamera Oppo A30 adalah mode potrait. Dengan bantuan lensa depth sensor 2 MP, mode potrait akan menciptakan efek bokeh yang dapat membuat objek jadi lebih fokus dan jelas. Bicara mengenai kualitas perekaman, Oppo A30 mampu menghasilkan video beresolusi 1080 piksel pada 30 fps.

Performa Juara

Anak-anak pasti merasa sebal jika perangkat tiba-tiba macet di tengah-tengah pelajaran. Apalagi kalau saat itu guru sedang menjelaskan materi penting atau materi yang sulit dipahami. Momen seperti itu tentunya akan mengganggu kualitas anak-anak. Untuk meminimalisasi risiko perangkat ngelag, pastikan smartphone Anda memiliki performa terbaik. Ada beberapa faktor yang mampu memengaruhi baik-buruknya performa suatu perangkat. Pertama ukuran RAMnya, lalu prosesor yang digunakan, dan ukuran media penyimpanan.

Semakin unggul kualitas prosesornya dan semakin besar ukuran RAM/ROMnya, perangkat akan bekerja lebih cepat dan dapat meminimalisasi terjadinya lag. Oppo A30 disokong oleh prosesor MediaTek Helio P35 ditambah kartu grafis dari PowerVR GE8329. MediaTek Helio P35 merupakan prosesor yang banyak digunakan oleh smartphone entry-level. Meski begitu, dapur pacu ini mampu menghasilkan performa yang cukup andal untuk menunjang aplikasi belajar online seperti Zoom, Gmeet, hingga media sosial.

Selain itu, Oppo A30 juga didukung oleh RAM berukuran 4 GB plus media penyimpanan internal sebesar 128 GB. Dengan kapasitas RAM seperti itu, pengguna tetap bisa menggunakan perangkat secara multitasking tanpa lag. Jika Anda merasa kurang dengan kapasitas memori internal yang ada, Oppo A30 masih memiliki slot MicroSD untuk menambah media penyimpanan eksternal hingga 256 GB.

Baterai Awet

Saat belajar online biasanya daya baterai akan lebih cepat habis karena harus melakukan meeting virtual dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar nan awet seperti Oppo A30.

Oppo A30 dibekali baterai sebesar 4.230 mAh. Dalam pemakaian normal, perangkat ini mampu bertahan selama seharian penuh. Sayangnya, Oppo A30 masih belum dilengkapi fitur fast charging yang dapat mempercepat durasi pengisian daya. Untuk charger, Oppo menyediakan port micro-USB sebesar 10 W. Jadi, untuk menghindari perangkat mati mendadak akibat low battery, pastikan ponsel telah terisi daya secara penuh sebelum kelas online dimulai.

Harga Relatif Terjangkau

Alasan yang terakhir adalah harga Oppo A30 relatif terjangkau. Untuk menikmati setiap fitur yang ada di Oppo A30, pengguna perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 2,1 juta sampai Rp 2,6 juta. Adapun pilihan warna Oppo A30 yang tersedia yaitu Lake Green, Fantasy White, dan Mystery Black.

Kira-kira itulah 5 alasan mengapa Oppo A30 cocok untuk menunjang aktivitas belajar online anak sekolahan. Apalagi saat ini Oppo A30 dapat dibeli secara online Blibli. Tunggu apa lagi? Segera buka aplikasi/website Blibli untuk mendapatkan potongan harga yang menarik.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *