AdXelerate, Platform Periklanan Berbasis AI Besutan Telkom Diluncurkan

PT Metra Digital Media (MDMedia), anak perusahaan TelkomMetra di bawah naungan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, resmi meluncurkan AdXelerate—platform periklanan programatik pertama di Indonesia (Foto/Telkom)
PT Metra Digital Media (MDMedia), anak perusahaan TelkomMetra di bawah naungan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, resmi meluncurkan AdXelerate—platform periklanan programatik pertama di Indonesia (Foto/Telkom)

Beritakota.id, Jakarta – PT Metra Digital Media (MDMedia), anak perusahaan TelkomMetra di bawah naungan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, resmi meluncurkan AdXelerate platform periklanan programatik pertama di Indonesia yang mengintegrasikan teknologi artificial intelligence (AI) dan analisis data berbasis data telekomunikasi dari lebih dari 160 juta pengguna jaringan Telkomsel.

Peluncuran AdXelerate menjadi langkah strategis TelkomGroup untuk memperkuat transformasi digital di sektor komunikasi dan periklanan. Direktur Operasi dan Penjualan MDMedia, Pujo Pramono, menyatakan bahwa platform ini dirancang untuk memberikan solusi iklan digital yang lebih akurat, efisien, dan aman. Inovasi ini juga bebas dari ketergantungan terhadap cookie maupun keharusan login.

“AdXelerate mampu meningkatkan efektivitas kampanye hingga 3,5 kali lipat dan menurunkan biaya akuisisi pengguna hingga 71%,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (9/5/2025).

Baca Juga: Laba Bersih Telkom 2024 Turun, Pengamat: Perlu Jadi Perhatian Pemegang Saham

Platform ini mengedepankan perlindungan data dan privasi pengguna melalui sistem enkripsi dan anonimisasi yang sesuai dengan regulasi. AdXelerate mendukung kampanye lintas perangkat dengan berbagai format seperti iklan display, video-in-banner, dan dynamic product ads, sehingga memberikan fleksibilitas bagi pengiklan dalam menjangkau audiens dengan lebih presisi.

MDMedia juga memperkuat ekosistem layanan digitalnya melalui optimalisasi mesin pencari (search engine optimizationatau SEO), manajemen media sosial dan key opinion leader (KOL), penempatan media, serta layanan pesan digital. Perusahaan ini memiliki sejumlah media internal seperti SEA Today dan DOOH (digital out of home), serta menyediakan solusi percetakan digital untuk smart card dan voucher.

CEO TelkomMetra, Pramasaleh Haryo Utomo, menegaskan bahwa peluncuran AdXelerate menjadi bukti komitmen TelkomGroup dalam menghadirkan inovasi teknologi yang berdampak langsung bagi industri dan masyarakat.

“TelkomMetra melihat peran kami bukan hanya sebagai investor, tetapi sebagai katalisator. Kami mendorong transformasi digital bukan sekadar untuk tumbuh, tapi untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan,” ujar Pramasaleh. “MDMedia dengan AdXelerate, kami ingin teknologi menjadi alat pemberdayaan,” tukasnya.

Pramasaleh juga menekankan pentingnya sinergi antara TelkomMetra dan TelkomGroup dengan dukungan teknologi kelas dunia seperti Google Cloud, Microsoft Azure, dan OpenAI. Menurutnya, kolaborasi ini membuka peluang besar bagi pengembangan talenta digital lokal dan penguatan ekosistem AI nasional.

“Kami ingin memperkuat penerbit lokal dengan memberikan paradigma baru dalam dunia periklanan, lebih akurat, aman, dan berdampak nyata,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *