Bank DKI Raih Predikat BPD Terbaik Dukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah 2023

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD Tahun 2023 di Jakarta turut dihadiri oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto/Dok. Bank DKI
Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD Tahun 2023 di Jakarta turut dihadiri oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto/Dok. Bank DKI

Beritakota.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI sekaligus Ketua Pengarah Satgas P2DD, Airlangga Hartarto (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Direktur Teknologi dan Operasional, merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono (kanan) sebagai BPD Terbaik Dalam Mendukung Kebijakan P2DD Tahun 2023, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2023, di Jakarta pada Selasa (3/10).

Menkoperekonomian Airlangga Hartato mengatakan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan konsistensi Bank DKI dalam menghadirkan berbagai layanan perbankan digital yang memudahkan transaksi bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat.

“Hampir seluruh anggaran daerah kan (pengelolaannya) seluruhnya di BPD, sehingga BPD ini penting untuk menyediakan layanan yang mendukung digitalisasi pajak dan retribusi daerah. Oleh karena itu digital perbankan dengan sistem informasi Pemda, BPD ini menjadi penting dan ini membutuhkan dukungan dari OJK,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus sebagai Ketua Pengarah Satgas P2DD, Airlangga Hartanto.

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono menyampaikan prestasi sebagai BPD Terbaik merupakan tonggak penting dalam perjalanan transformasi digitalisasi Bank DKI dan tentunya menjadi esensi atas dedikasi dan kerja keras dalam mendukung digitalisasi di daerah, khususnya DKI Jakarta.

Bank DKI Terus Berinovasi dalam Mendukung Digitalisasi Daerah

Amirul mengatakan Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menjadi mitra yang andal dalam mendukung digitalisasi daerah, salah satunya dengan menyediakan solusi perbankan digital yang inovatif dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Dukungan Bank DKI terhadap Pemprov DKI Jakarta diantaranya melalui elektronifikasi pengelolaan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta, melalui layanan Cash Management System (CMS), sehingga SKPD dapat memantau aktivitas transaksi penerimaan dan pengeluaran anggaran pada rekening secara mudah, real time dan lebih akurat

“Kami percaya bahwa digitalisasi adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Kami akan terus bekerja keras untuk memperluas jangkauan layanan digital dan berinvestasi dalam teknologi terkini untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan daerah,” kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi.

Bank DKI secara konsisten terus melakukan pengembangan layanan perbankan digital, diantaranya seperti super apps JakOne Mobile, yang semakin memiliki ragam fitur transaksi pembayaran, mulai dari pembukaan rekening secara elektronik, transfer antar rekening, pembayaran berbagai tagihan termasuk pajak dan retribusi, scan QRIS, hingga zakat dan donasi.

Selain itu, Bank DKI juga melakukan pengembangan aplikasi JakOne Abank bagi para pelaku UMKM, dan layanan digital lain seperti Cash Management System, maupun aplikasi pengajuan kredit/pembiayaan secara online, dengan aplikasi digital lending

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *