Beritakota.id, Jakarta – PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm), bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), mengadakan edukasi Periksa Payudara Sendiri (SADARI) untuk lebih dari 400 siswi dari beberapa SMP dan SMA di Jakarta, Rabu (2/10/2024).
Kegiatan ini sejalan dengan slogan kampanye yang diluncurkan pada 2022, “Ayo SADARI Setelah Menstruasi”.
Sebagai bentuk komitmen terhadap kampanye kesehatan ini, Charm memperkenalkan logo “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” di seluruh varian kemasan produk pembalut Charm. Inisiatif ini diperluas dengan mencantumkan logo serupa pada produk pembalut urin CharmNap, memperkuat pesan pentingnya kebiasaan memeriksa payudara sendiri secara rutin.
Tahun ini menandai keempat kalinya Charm dan YKPI berkolaborasi dalam kampanye Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional. Acara ini dihadiri oleh Brand Ambassador Charm, Syifa Hadju, serta dr. Iskandar, Sp.B.Subsp.Onk(K), MPH, seorang dokter spesialis bedah onkologi.
Charm dan YKPI berupaya memberikan pemahaman kepada para remaja putri tentang pentingnya SADARI setelah menstruasi, yaitu pada hari ke-7 hingga ke-10 dari hari pertama menstruasi. Deteksi dini kanker payudara diharapkan dapat mengurangi risiko kanker stadium lanjut dan berkontribusi dalam melindungi generasi wanita Indonesia di masa depan.
Baca Juga: Ayo SADARI Metode Deteksi Dini Kenali Kanker Payudara
Menurut data Global Cancer Observatory 2022, terdapat lebih dari 66.000 kasus baru kanker payudara di Indonesia dengan angka kejadian mencapai 30%. Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, menekankan pentingnya langkah-langkah pencegahan dan edukasi untuk mendeteksi kanker payudara secara dini.
Dengan proyeksi peran penting wanita dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, kesehatan mereka menjadi aspek vital dalam membentuk masa depan bangsa. Charm dan YKPI menyadari pentingnya edukasi tentang SADARI bagi generasi muda, khususnya Generasi Z, yang diharapkan menjadi pemimpin masa depan.
Dalam penjelasannya, dr. Iskandar, Sp.B.Subsp.Onk(K), MPH, menekankan bahwa deteksi dini sangat penting dalam menangani kanker payudara.
“Jika kanker payudara terdeteksi lebih awal, peluang kesembuhan sangat tinggi. Oleh karena itu, mulailah membiasakan periksa payudara sendiri secara rutin pada minggu pertama hingga hari ke-10 setelah menstruasi. Jika ditemukan perubahan atau rasa sakit, segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan. Selain itu, pola hidup sehat juga penting dalam mencegah penyakit,” jelasnya.
Syifa Hadju, Brand Ambassador Charm, turut memberikan pandangannya. sebagai wanita muda Indonesia, saya sangat peduli dengan isu kesehatan.
”Kegiatan yang diadakan Charm dan YKPI ini memberikan wawasan baru kepada para remaja putri tentang pentingnya SADARI. Saya sendiri sudah rutin melakukannya, dan saya berharap kebiasaan ini bisa menyebar ke lebih banyak wanita Indonesia,” ungkapnya.
Sri Haryani, Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, menyatakan, melalui kegiatan ini, pihaknya berharap dapat berkontribusi dalam upaya pemerintah untuk melindungi generasi masa depan Indonesia.
”Kami juga memperluas inisiatif dengan mencantumkan logo ‘Ayo SADARI Setelah Menstruasi’ di semua kemasan produk Charm. Dengan demikian, setiap kali wanita menggunakan produk kami, mereka akan diingatkan pentingnya SADARI,” ujarnya.
Selain itu, produk pembalut urin CharmNap juga kini mendukung kampanye ini sebagai bagian dari komitmen Unicharm untuk meningkatkan kesehatan wanita.
“Kami berharap inisiatif ini terus mendorong wanita Indonesia untuk hidup sehat dan menjaga diri mereka sendiri,” tutupnya.