Beritakota.id, Depok – BNI Sekuritas berkolaborasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) sukses mengadakan Sekolah Pasar Modal (SPM) pada Rabu (06/11/2024) di TOMORO COFFEE, Grand Depok City, Depok. Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan tujuan memperkuat literasi finansial masyarakat, terutama dalam hal investasi di pasar modal. Puluhan peserta dari berbagai kalangan, terutama generasi muda, yang antusias ingin memahami lebih dalam mengenai dunia investasi.
Sejumlah materi diantaranya adalah dasar-dasar investasi, strategi berinvestasi dengan bijak, serta pemanfaatan platform BNI Sekuritas Innovative Online Trading Systems (BIONS) diajarkan dalam kesempatan ini. Peserta dimaksudkan dapat melakukan transaksi investasi secara online.
SEVP Retail Markets & Technology BNI Sekuritas, Teddy Wishadi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini memiliki peran penting dalam menarik minat generasi Milenial dan Gen Z. “Pemilihan lokasi di TOMORO COFFEE sebagai mitra dalam SPM ini merupakan langkah strategis untuk mendekatkan literasi keuangan kepada generasi muda, mengingat coffee shop semakin populer di kalangan anak muda sebagai tempat belajar dan bersosialisasi,” kata Teddy.
Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Juni 2024, sekitar 79-80 persen investor individu di pasar modal Indonesia berusia di bawah 40 tahun. Dari jumlah tersebut, 55,38 persen merupakan usia di bawah 30 tahun yang mengelola aset senilai Rp50,75 triliun. Generasi berusia 31-40 tahun mengelola aset sebesar Rp119,13 triliun, atau sekitar 24,09 persen dari total aset pasar. Tren ini menegaskan pentingnya meningkatkan literasi dan edukasi investasi di kalangan generasi muda yang mendominasi pasar modal.
Mengutip laporan dari Higo Digital Manual 2024 menunjukkan bahwa 66,40 persen Milenial lebih suka menghabiskan waktu di coffee shop sebagai tempat bersantai, sedangkan 75,24 persen Gen Z menjadikannya pilihan utama untuk bersosialisasi, belajar, dan bekerja. Ini menjadi alasan dimana TOMORO COFFEE sebagai mitra strategis yang tepat untuk menarik perhatian generasi muda.
Star Yuan, Direktur Utama TOMORO COFFEE, mengatakan “Kolaborasi ini merupakan langkah nyata kami dalam memberikan dampak positif, tidak hanya dari segi produk yang berkualitas tetapi juga dalam memberdayakan generasi muda agar lebih siap menghadapi tantangan keuangan di masa depan,” ucap Star Yuan.
Sejak awal program SPM, BNI Sekuritas telah melaksanakan kegiatan serupa di lebih dari 10 cabang TOMORO COFFEE di kota-kota besar di Indonesia, yang diikuti oleh ratusan peserta. Melalui kegiatan ini, BNI Sekuritas berupaya mendidik dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang investasi, khususnya kepada generasi muda yang siap untuk membangun masa depan finansial mereka dengan lebih terarah.
“Dengan melibatkan TOMORO COFFEE sebagai mitra, kami percaya dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk terlibat aktif di pasar modal, membekali mereka dengan wawasan yang tepat sehingga mereka mampu membuat keputusan finansial yang cerdas. Kami berharap, melalui edukasi berkelanjutan ini, mereka akan mampu mencapai kemerdekaan finansial yang mereka impikan,” ujar Teddy.
Sekolah Pasar Modal ini direncanakan akan terus berlangsung hingga 2025 dengan rangkaian acara yang semakin luas, menyasar lebih banyak kalangan generasi muda. Melalui kerja sama ini, BNI Sekuritas, TOMORO COFFEE, dan BEI berkomitmen untuk menciptakan generasi yang paham investasi dan mampu menghadapi tantangan keuangan di masa depan. (Herman Effendi)
Respon (1)