KCIC Permudah Pemesanan Tiket Kereta Cepat Whoosh

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara peluncuran tiket kereta cepat
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara peluncuran tiket kereta cepat

Beritakota.id, Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memudahkan masyarakat untuk pemesanan tiket kereta cepat. Dan saat ini tiket kereta api cepat Whoosh sudah dapat diakses melalui berbagai aplikasi mobile.

Dengan begitu, masyarakat akan semakin mudah untuk memesan dan membeli tiket. Langkah itu sekaligus melengkapi kecanggihan yang ada dalam kerera cepat Whoosh.

“Masyarakat dapat secara mudah mengakses tiket kereta Whoosh langsung dari genggaman tangannya,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi seperti dikutip Rabu (18/10).

Selain itu, pembelian tiket kereta cepat juga dapat dilakukan melalui Access By KAI dan Livin Mandiri sementara sejumlah aplikasi mobile lainnya seperti BRI mo dan BNI Mobile Banking dalam waktu dekat juga dapat mengakomodir pembelian tiket kereta cepat.

Saat ini, melalui kerjasama yang dilakukan, fitur pembayaran menggunakan virtual account dari Bank Mandiri, BNI dan BRI tersebut juga telah dapat mengakomodir pada transaksi pembelian tiket Kereta Cepat Whoosh diberbagai channel penjualan tiket.

Aplikasi Whoosh Kereta Cepat sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi Whoosh, penumpang akan lebih mudah untuk melihat jadwal, melakukan pemesanan, hingga melakukan boarding melalui QR Code tiket yang akan muncul di Aplikasi setelah melakukan pemesanan.

Untuk saat ini, KCIC juga sedang mengadakan promo tiket seharga Rp150.000 untuk satu kali perjalanan yang bisa didaptkan melalui aplikasi Whoosh. Tarif promo berlaku untuk perjalanan rute Halim – Padalarang, Halim – Tegalluar, dan sebaliknya. Promo tersebut berlaku untuk keberangkatan 18 Oktober hingga 30 November 2023.

Penerapan berbagai promo ini akan terus dilakukan karena kereta cepat WHOOSH adalah kereta komersial, KCIC akan menggunakan strategy dynamic pricing sehingga penerapan tarif akan mengikuti pola permintaan atau strategi perusahaan dengan menggunakan perhitungan dan kajian yang tepat.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Resmi Beroperasi Komersial dengan Tarif Rp 300 Ribu

Langkah tersebut merupakan bentuk upaya mendukung pemerintah untuk mengurangi kemacetan dan polusi sebagai dampak tingginya penggunaan kendaraan di jalan raya. Diharapkan melalui beragam promo tiket kereta cepat Whoosh yang dihadirkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik berbasis rel khususnya mengalihkan pengguna jalan raya yang beraktifitas di jalur Jakarta – Bandung agar menggunakan kereta cepat .

Sejak dibuka penjualan pada 14 Oktober, ada 10.200 tiket yang sudah dipesan masyarakat selama tiga hari operasional. Dimana 3.050 pemesanan tiket perorangan dan sekitar 7.150 lainnya merupakan pemesanan tiket rombongan.

*Perjalanan menggunakan kereta cepat Whoosh akan menyingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya dari 3 jam menjadi 40 menit. Penumpang dari Jakarta menuju Kota Bandung dapat transit di Stasiun kereta cepat Padalarang yang dibangun oleh China Railway Group (CREC)

Dari Stasiun Padalarang, penumpang beralih menggunakan KA Feeder menuju stasiun kota Bandung. Selain Kota Bandung, kereta cepat Whoosh juga menghubungkan sejumlah area wisata lainnya seperti Stadiun Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Penumpang dari Jakarta dapat memesan tiket menuju Stasiun kereta cepat Tegalluar. Dari sana, penumpang dapat dengan mudan memilih moda transportsi umum lain sesuai keinginan untuk menuju GBLA atau lokasi lainnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *