Menaker Ida Fauziyah Tegaskan Program Subisidi Upah Tidak Dilanjutkan

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah

Beritakota.id, Jakarta –  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengumumkan bahwa program bantuan langsung tunai (BLT) subsidi upah atau BSU kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta tidak dilanjutkan di tahun 2021.

Ida membeberkan alasan mengapa pemerintah tidak melanjutkan bantuan tersebut. Alasannya lantaran BSU gaji Rp5 juta tidak mendapatkan alokasi dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

“Kami masih menunggu. Sementara memang di APBN 2021 belum atau tidak dialokasikan,” kata Ida kepada media usai penandatanganan MoU dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan belum lama ini.

Namun, Ida mengaku masih akan melihat dan memastikan kondisi kedepan, apakah program BSU tersebut benar-benar tidak akan dilanjutkan lagi atau sebaliknya.

“Nanti kami lihat bagaimana kondisi ekonomi berikutnya. Tetapi memang tidak dialokasikan di APBN 2021,” tegasnya.

Keputusan ini telah mendapatkan respon dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Presiden KSPI Said Iqbal, mengatakan bahwa pemerintah harus melanjutkan program subsidi upah. Hal ini dinilai karena program bantuan sosial tersebut sangat membantu menjaga daya beli buruh.

 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *