Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Resmikan Bursa CPO

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Menghadiri APLI Award 2022

Beritakota.id, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan telah meresmikan Bursa Crude Palm Oil (CPO) di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023).

“Kita ingin Indonesia maju 100 tahun pasca merdeka tahun 1945, salah satunya kita mesti benahi tata kelola perdagangan CPO kita yang produksinya nomor 1 di dunia hampir 47 juta ton, ekspor hampir US$ 30 miliar tapi bertahun-tahun acuannya Malaysia dan Rotterdam,” kata Zulhas pada Jumat (13/10/2023).

Ia berharap dengan adanya Bursa CPO ini, Indonesia akan menjadi barometer harga CPO. Sebab Indonesia merupakan nomor 1 penghasil komoditi tersebut.

Sebelumnya, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah resmi menunjuk Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) Group sebagai penyelenggara bursa crude palm oil (CPO). Keputusan ini tertulis dalam Keputusan Kepala Bappebti No 1/Bappebti/SC-SCPO/10/2023, yang dikeluarkan pada tanggal 9 Oktober 2023.

Head of Corporate Communication ICDX P Giri Hatmoko dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen penuh untuk menjalankan tugas sebagai penyelenggara pasar fisik CPO di Bursa dari pemerintah.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan produsen CPO terbesar di dunia. Namun, RI masih berpatokan pada bursa CPO Rotterdam dan Malaysia. Nantinya, pemerintah juga bakal mengatur agar ekspor CPO dilakukan melalui bursa ini.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *