Ninja Xpress Hadirkan Solusi Logistik Terintegrasi untuk Kebutuhan Industri Ritel

Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif dari hulu hingga hilir, untuk memastikan kelancaran operasional bisnis klien
Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif dari hulu hingga hilir, untuk memastikan kelancaran operasional bisnis klien

Beritakota.id, Jakarta – Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif dari hulu hingga hilir, untuk memastikan kelancaran operasional bisnis klien.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menilai prospek bisnis ritel modern saat ini masih sangat menjanjikan. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Suhanto, menyatakan bahwa tren bisnis ritel modern di tahun ini terus menunjukkan perkembangan positif.

Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa, mengungkapkan, “Pertumbuhan bisnis ritel dapat dilihat dari meningkatnya konsumsi barang kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan laporan Suara UKM Negeri Vol. III, barang yang paling banyak dibeli oleh pembeli online atau e-shopaholics adalah produk Food and Beverages (F&B). Dalam mendukung operasional bisnis ritel, efisiensi pengiriman logistik menjadi sangat penting. Dengan fokus pada efisiensi operasional, Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi dari hulu hingga hilir, yang membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka,” jelasnya, Selasa (27/8/2024).

Meski memiliki potensi pertumbuhan yang besar, sektor ritel tetap menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah menjaga ketersediaan stok di toko sambil menghindari penumpukan barang di gudang. Sebuah studi oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa perusahaan ritel dapat kehilangan hampir setengah dari penjualan yang diharapkan jika konsumen menghadapi situasi kehabisan stok.

Baca juga; Ninja Xpress Dorong Independensi UKM dengan Affiliate Marketing

Dalam konteks ini, Ninja Xpress hadir sebagai mitra logistik yang andal melalui layanan Ninja B2BR (Business-to-Business-Restock) dengan tagline “Antaran Praktis dan Ekonomis.” Layanan ini dirancang untuk mengoptimalkan proses pengiriman operasional bagi bisnis ritel dengan keunggulan sebagai berikut:

Antaran Praktis:

1. Pengantaran Multi-Parcel dengan Satu Airwaybill: Memudahkan pengiriman beberapa paket sekaligus dengan satu dokumen pengiriman.
2. Proses Multi-drop: Fasilitas pick-up dan pengiriman ke banyak titik dalam satu kali pengantaran.
3. Teknologi Polygon Routing: Memperkirakan waktu pengiriman sesuai dengan SLA (Service Level Agreement) yang telah ditentukan, sehingga menjaga kualitas produk tetap terjaga.

Antaran Ekonomis:

1. Customized Handling: Menyediakan layanan khusus sesuai kebutuhan ritel, seperti pengembalian Delivery Order (DO) atau Bukti Kirim Barang tanpa biaya tambahan.
2. Hub and Spoke System: Memungkinkan ritel untuk mempersingkat beberapa tahapan pengiriman per titik, sehingga biaya pengiriman menjadi lebih ekonomis.

Rifani Budi, VP of Corporate Sales Ninja Xpress, menambahkan, “Kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi logistik inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan klien kami, membantu mereka mengatasi tantangan dalam manajemen stok dan distribusi barang. Pada akhirnya, ini memberikan solusi komersial yang signifikan bagi bisnis klien kami.”

Salah satu contoh keberhasilan layanan Ninja B2BR adalah kolaborasi dengan Kopi Kenangan dalam pengiriman produk “Cerita Roti”. Tantangan dalam pengiriman roti, seperti menjaga kesegaran dan kualitas produk, termasuk penjemputan dan pengiriman yang tepat waktu, dapat diatasi dengan layanan Ninja B2BR. Welderson Napitupulu, Supply Chain Senior Manager Kopi Kenangan, menyampaikan,
“Kemitraan kami dengan Ninja Xpress telah menjadi game-changer bagi operasional logistik kami. Sebelumnya, penjemputan dilakukan pada jam 6 pagi, dan pengiriman ke outlet dilakukan pada siang hari. Dengan Ninja Xpress, penjemputan dilakukan pada malam hari saat roti baru jadi, dan pengiriman selesai sebelum jam 12 siang. Ini membantu kami memaksimalkan penjualan dan mengurangi biaya operasional.”

Dalam kerja sama ini, Ninja Xpress memastikan pengiriman roti dilakukan mulai pukul 6 pagi setiap hari ke 188 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek dalam waktu 4-6 jam, dengan pencapaian SLA hingga 95%. Layanan ini juga memiliki tingkat kerusakan yang sangat rendah, khususnya untuk kategori Food and Beverages, yang membantu Kopi Kenangan menjaga kualitas produk dan peluang bisnis mereka.

Selain layanan Ninja B2BR, Ninja Xpress juga menawarkan berbagai solusi lainnya, termasuk Ninja Fulfillment, yang mendukung layanan pergudangan untuk meminimalkan biaya penyimpanan inventaris dan menyediakan tenaga profesional untuk manajemen gudang. Dengan berbagai solusi ini, Ninja Xpress terus mendukung pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia, memastikan mereka dapat beroperasi dengan efisiensi dan efektivitas maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *