Para Pemimpin Bisnis Generasi Z dari ASEAN dan Jepang Bahas Solusi Atasi Isu Sosial

Para Pemimpin Bisnis Generasi Z dari ASEAN dan Jepang
Para Pemimpin Bisnis Generasi Z dari ASEAN dan Jepang

Beritakota.id, Jakarta – ASEAN Foundation bersama Japan External Trade Organization (JETRO) dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI), beberapa waktu lalu telah memulai pertemuan pre-event summit selama dua hari di Jakarta diikuti oleh para pemimpin bisnis Generasi Z (Gen-Z) dari negara-negara ASEAN, Jepang, dan Timor Leste.

Pertemuan pre-event summit berlangsung pada 18 dan 19 Oktober 2023 lalu di Digital Innovation and Sustainable Economy Centre di kantor the Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), Sental Senayan II lantai 6, Jalan Asia Afrika Senayan Jakarta, membahas isu-isu sosial masyarakat di masing-masing negara dan langkah-langkah solutif berbasis ekonomi yang bisa diambil.

Pertemuan pre-event summit ini diselenggarakan bersama-sama oleh AEM-METI Economic and Industrial Cooperation Committee (AMEICC) dan PoliPoli Inc. dengan dukungan ASEAN Foundation dan ERIA, dan merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan 50 tahun persahabatan dan kerjasama ASEAN-Jepang serta persiapan menuju KTT Generasi Z yang akan berlangsung di Karuizawa, Prefektur Nagano Jepang pada Desember 2023.

ASEAN-Japan Generation Z Business Leaders’ Summit Pre-event mengusung tema ‘Strengthening Multilateral Partnerships through Empowering Young Entrepreneurs to Achieve Economic Growth’ akan dihadiri oleh para pemimpin Generasi Z dari berbagai latar belakang dan bisnis sektor.

Negara-negara ASEAN dan Jepang termasuk Timor Leste telah mengirimkan perwakilannya dan selama dua hari dan para pemimpin Generasi Z ini diharapkan dapat bertukar pikiran, berdiskusi, dan berkolaborasi untuk masa depan ASEAN-Jepang yang ingin mereka dukung.

Hadir di acara pembukaan dan memberikan sambutannya, Ketua Dewan Pembina ASEAN Foundation dan Wakil Tetap Kerajaan Kamboja untuk ASEAN Duta Besar Heng Sarith, menyampaikan pentingnya menempatkan anak muda di poros hubungan dan pembangunan ASEAN dan Jepang.

“Membangun hubungan yang lebih besar dan kuat di antara para pemangku kepentingan di kawasan ASEAN-Jepang sangat penting dan dan kami percaya bahwa para pemimpin Gen-Z adalah bagian darinya. Pertemuan puncak ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat kolaborasi yang menjunjung rasa kebersamaan, saling menghormati dan memahami tradisi dan nilai-nilai masing-masing di antara pemimpin Gen-Z, serta membangun jaringan pebisnis muda ASEAN-Jepang.”

Pertemuan pre-event summit ini juga dimanfaatkan untuk mengembangkan team building untuk persiapan partisipasi di KTT Generasi Z bulan Desember mendatang di Karuizawa untuk membuat dampak positif yang lebih besar.

Menjelang KTT di Jepang, Direktur Eksekutif JETRO Mr. Hiroshi Ishikawa menyatakan, “Para pemimpin Generasi Z yang berkumpul hari ini adalah harapan masa depan ASEAN dan Jepang, yang dapat menjawab tantangan-tantangan sosial mengatasi tantangan sosial dengan teknologi inovatif, hubungan yang saling mempercayai, dan kepemimpinan yang hebat.

‘’Kami percaya pre-event summit hari ini membangun dasar yang kuat untuk mengantarkan hasil yang nyata pada KTT di Karuizawa, Jepang,”

Program-program di pertemuan pre-event summit ini disiapkan untuk meningkatkan kapasitas pemimpin Gen-Z sebagai pendukung dan agen dalam meningkatkan kemitraan dan kolaborasi Jepang dan peran mereka sebagai pengusaha Gen-Z untuk mendukung pembangunan ekonomi antara ASEAN dan Jepang.

Program tersebut antara lain kegiatan ceramah, diskusi kelompok, panel yang dipimpin pakar, kunjungan lapangan ke beberapa perusahaan, kegiatan tim, membangun jejaring, pertukaran budaya, dan berdiskusi terhadap proposal bersama berupa rekomendasi kebijakan atau pernyataan kepada para pemimpin yang akan disampaikan di KTT Generasi Z Karuizawa.

Selama pertemuan pre-event summit berlangsung, panel diskusi membahas topik tematik yang saling terkait dengan pembangunan sosial ekonomi yang berdampak dan berkelanjutan, untuk menghasilkan keluaran (output) sebagai Rekomendasi Kebijakan atau Pernyataan Kunci yang akan disampaikan di KTT Generasi Z.

Topik tematik tersebut adalah:

• Mewujudkan Akses Pendidikan bagi Semua melalui Bisnis Inovatif

Keluaran: Rekomendasi kebijakan atau pernyataan kunci mengenai peran sektor bisnis dalam mendukung pemerataan akses pendidikan.

• Sinergi Kemitraan ASEAN dan Jepang untuk Memastikan Kesejahteraan bagi Semua

Keluaran: Usulan mmodel bisnis yang dapat memberikan akses kesehatan bagi masyarakat di pedesaan dan perkotaan.

• Mempromosikan Keragaman ASEAN dan Jepang untuk Co-kreasi Ekonomi

Keluaran: Usulan model pertumbuhan dan inovasi yang mencerminkan kekuatan masing-masing negara dan dapat dihubungkan secara interaktif untuk mewujudkan co-creation ekonomi yang adil dan saling menguntungkan.

• Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk memperkuat Ekonomi Digital

Keluaran: Identifikasi potensi kerjasama antara para pemimpin muda ASEAN dan Jepang dalam memanfaatkan AI untuk mencapai pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan ekonomi digital.

• Ekonomi Hijau untuk Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *