Peringati Hari Konsumen Nasional, BPKN Buka Posko Layanan Pengaduan di TSM Cibubur

BPKN
Foto Kiri ke Kanan: Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional M. Mufti Mubarok dan Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN, Heru Sutadi menyampaikan rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa bincang di berbagai radio, pengecekan transportasi umum seperti kereta api di Stasiun Pasar Senen dan penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, serta Festival HARKONAS yang digelar di TSM 18-21 April 2024

Beritakota.id, Jakarta – Badan Perlindungan Konsumen  Nasional (BPKN) membuka Posko Pengaduan Konsumen di Trans Studio Mall (TSM) Cibubur,  Depok Jawa Barat.  Posko tersebut sebagai bentuk literasi kepada masyarakat dalam Peringatan Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) yang digelar setiap tanggal 20 April.

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional M. Mufti Mubarok menyampaikan rangkaian  kegiatan yang dilakukan berupa bincang di berbagai radio, pengecekan transportasi umum seperti  kereta api di Stasiun Pasar Senen dan penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, serta Festival  HARKONAS yang digelar di TSM 18-21 April 2024.

“BPKN akan membuka Klinik Pengaduan dan  Edukasi Perlindungan Konsumen di Trans Studio Mall Cibubur,” terang Mufti saat ditemui awak media di Trans Studio Mall Cibubur, Kamis, 18 April 2024.

Karenanya Mufti  berharap, konsumen bisa memanfaatkan momentum ini untuk datang ke TSM Cibubur bilamana ada  pengaduan akan produk atau jasa yang dianggap merugikan konsumen dan ingin disampaikan ke BPKN.

Baca juga: Sambangi Stasiun Senen, BPKN Cek Langsung Kesiapan Arus Mudik Lebaran 2024

Di tempat yang sama BPKN juga menggelar Talk Show bertema Perlindungan Konsumen di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pada 2024 ini, HARKONAS mengusung tema “Menuju Indonesia Emas”, dengan sub tema

BPKN menggelar Talk Show bertema Perlindungan Konsumen di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan menghadirkan Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari
BPKN menggelar Talk Show bertema Perlindungan Konsumen di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan menghadirkan Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari

“Konsumen Cerdas, Kritis Bertransaksi”. Ini menandai komitmen untuk memajukan Indonesia ke  arah kejayaan ekonomi yang berkelanjutan dan pentingnya peran konsumen yang cerdas dalam  memilih produk dan jasa, serta kritis dalam bertransaksi. Di tengah perkembangan teknologi dan  pasar yang dinamis, konsumen yang cerdas dan kritis memiliki peran strategis dalam mendorong  inovasi, kualitas produk, dan layanan yang lebih baik.

Sementara itu, Heru Sutadi selaku Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi menambahkan di tengah  perubahan teknologi dan dinamika pasar, konsumen harus diberdayakan dengan pengetahuan dan

keterampilan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat. Maka dari itu, dalam peringatan  Hari Konsumen Nasional tahun ini BPKN juga tidak henti untuk mengedukasi konsumen untuk  meningkatkan kesadaran akan hak-hak konsumen agar menjadi konsumen yang bermartabat serta  mendorong pelaku usaha yang adil dan bertanggung jawab.

“Dalam rangka mencapai Indonesia Emas, peran konsumen dalam ikut memajukan ekonomi bangsa  tentu tidak dapat dianggap remeh. Karena itu, mari kita bersama-sama mewujudkan konsumen yang cerdas, kritis, dan berdaya serta menjadi agen perubahan dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi kita semua,” pungkas Heru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *