Riset Nielsen Tempatkan Radio Jadi Sumber Informasi Pemilu Setelah Televisi

Beritakota.Id, Jakarta – Nielsen Audience Measurement merilis hasil survei terbarunya mendapati televisi masih menjadi sumber utama informasi Pemilu di Indonesia.

Survei nasional media yang digelar Nielsen Audience Measurement itu dilakukan sepanjang Juli hingga Agustus 2024 dan melibatkan 2553 responden.

Diketahui sebanyak 80.8% publik di Indonesia mencari informasi melalui TV, diikuti radio 62.8%, media sosial 47.6%, selanjutnya koran 7.2%, website 6.1%, aplikasi 6.0% dan majalah 1.4%.

Dari publik yang menjadikan radio sebagai sumber informasi pemilu, sebanyak 79.6% dari mereka, mendengarkan informasi Pemilu melalui Radio Republik Indonesia (RRI).

Baca juga: Rayakan HUT ke-79, RRI Komitmen Beri Penyiaran Berkualitas Kepada Publik

Ada berbagai alasan mengapa publik menjadikan RRI sebagai media informasi Pemilu. Responden mendengarkan RRI karena ingin mengetahui berita ter-update (62,8%), siarannya informatif (40%), acaranya menarik (36,6%).

Sebanyak 92 persen responden menilai RRI berhasil membawakan suara pemilu secara adil, dengan pertanyaan. menurut anda, apakah sajian berita seputar Pemilu yang disiarkan RRI sudah adil untuk semua kandidat Pemilu?

Survei Nielsen Audience Measurement tersebut juga memotret kepuasan pendengar siaran Pemilu RRI. Lebih dari 90 persen pendengar suara Pemilu RRI memberikan nilai positif RRI dalam menyajikan informasi Pemilu.

Tingkat kependengaran RRI di Maluku dan Papua cukup tinggi. Bahkan wilayah Maluku dan Papua capaian persentase pengakses informasi pemilu mencapai   88,3 persen dari populasi pendengar radio. Selain Papua dan Maluku, Sulawei tak kalah tingginya. Sekitar 89.5 persen dari populasi pendengar radio terkait informasi tentang pemilu adalah pendengar RRI.

Pelaksanan kontestasi Pilkada tahun 2024 berlangsung 27 November 2024. Pilkada 2024 ini untuk memilih gubernur, wali kota, bupati beserta wakilnya. Pemilihan berlangsung  secara serentak di sejumlah daerah yang ada di Indonesia.

Dirut RRI Hendrasmo mengapresiasi hasil survei yang dilakukan Nielsen Audience Measurement.

Dia menyatakan bahwa RRI akan terus meningkatkan kinerja seluruh stasiun RRI di seluruh Indonesia. Terlebih sebentar lagi akan ada hajatan Pilkada serentak secara nasional.

“Kami siap menjadi media yang dipercayai publik untuk menyuarakan Pilkada 2024 di seluruh Indonesia, guna mendorong pilkada berlangsung secara berkualitas  dan demokratis,”  kata Hendrasmo di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Hendrasmo menuturkan bahwa RRI memiliki 133 stasiun di seluruh nusantara. Selain bersiaran mereka juga menghadirkan kontennya di berita online RRI News dan platform digital lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *