SCM Grup Pegang Hak Siar FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023

SCM's Announcement The FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 Official Broadcaster Telah Berlangsung Siang Tadi Dihadiri Bapak Erick Thohir (Ketum PSSI)
SCM's Announcement The FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 Official Broadcaster Telah Berlangsung Siang Tadi Dihadiri Erick Thohir (Ketum PSSI)

Beritakota.id, Jakarta – Surya Citra Media (SCM) Grup resmi sebagai pemegang hak siar ekslusif atau official broadcaster dari FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 yang  akan bergulir pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Pihaknya akan menayangkan siaran piala dunia tersebut secara live di seluruh 52 laga FIFA World Cup Indonesia 2023.

Piala dunia U-17 sendiri akan dilangsungkan di empat stadion yaitu, Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Jakarta International Stadium (Jakarta), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). Sebanyak 24 Timnas terbaik dari 24 negara akan bersaing di turnamen dunia kelompok umur ini.

Timnas Indonesia U-17 akan melakoni laga perdana di Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), yang juga merupakan kandang timnas Indonesia, dan siap menghadang lini serang Timnas Ecuador pada hari Jumat, 10 November 2023 disiarkan langsung mulai pukul 18:00 WIB (Kick Off pukul 19:00 WIB) dengan diawali Opening Ceremony FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™.

Sebelumnya juga akan berlangsung pertandingan lainnya dari Group A di venue yang sama antara Panama vs Morocco pada pukul 15:30 WIB (Kick Off pukul 16:00 WIB).

Pada fase penyisihan grup, Timnas Indonesia yang berada dalam Group A harus berjuang dalam 3 pertandingan group stage, berturut-turut melawan: Ecuador, Panama, dan Morocco untuk dapat lolos ke babak 16 besar, dengan syarat menjadi juara atau runner up grup, atau salah satu dari 4 Timnas peringkat 3 terbaik. Persaingan yang tidak kalah sengit juga akan berlangsung di lima grup lainnya yang dua grup di antaranya disebut-sebut sebagai grup neraka, yakni Grup C dan D. Berikut hasil final drawing FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™:

Group A : Indonesia, Ecuador, Panama, Morocco

Group B : Spain, Canada, Mali, Uzbekistan

Group C : Brazil, IR Iran, New Caledonia, England

Group D : Japan, Poland, Argentina, Senegal

Group E : France, Burkina Faso, Korea Republic, USA

Group F : Mexico, Germany, Venezuela, New Zealand

PSSI Pastikan Kesiapan Empat Stadion FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023

PSSI terus berupaya menyempurnakan berbagai persiapan demi kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™.

Empat stadion terpilih terus dilakukan pembenahan sesuai dengan standar yang diterapkan oleh FIFA hingga dapat mendukung kesempurnaan seluruh pertandingan yang berlangsung serta kenyamanan bagi seluruh pendukung kesebelasan yang hadir langsung. Masyarakat di seluruh penjuru tanah air hingga pendukung kesebelasan seluruh negara yang bertanding, diberi kemudahan untuk memperoleh tiket menonton langsung dengan cara mengakses laman resmi FIFA  yang telah dibuka sejak tanggal 16 September 2023 lalu. PSSI juga terus mendukung persiapan yang dilakukan oleh skuad Timnas Indonesia U-17 di bawah asuhan coach Bima Sakti.

FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023 sekaligus akan menjadi debut perdana Timnas Indonesia U-17 berlaga di turnamen berskala dunia kelompok umur dan semakin terasa spesial dengan dukungan langsung dari masyarakat seluruh penjuru tanah air.

Baca juga: Presiden Jokowi Hormati Keputusan FIFA Terkait Piala Dunia U-20

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap perhelatan FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™ jadi momen penegas kebangkitan sepak bola Indonesia. Menjadi momen yang tepat untuk menujukkan kepada dunia bahwa negara kita bisa menjadi tuan rumah yang baik.

“Menjadi tuan rumah event akbar merupakan kebanggaan buat bangsa kita. Kami butuh dukungan semua pihak untuk menyukseskannya.  Kita tak mau bersenang hati dengan hanya menjadi penyelenggara turnamen saja. Kami berharap apresiasi dari FIFA untuk kemudian memberi kesempatan buat kita menggelar turnamen berskala lebih besar lagi”, tutur Erick Thohir.

Peran media disebut penting menurut Erick Thohir untuk membantu penyebaran informasi secara massif mengenai FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™ ke masyarakat luas. SCM Grup sebagai pemegang hak siar punya peranan besar buat memeriahkan penyelenggaraan turnamen akbar.

Senada dengan PSSI, SCM Grup sebagai pemegang hak siar FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™ juga telah menyiapkan serangkaian program hingga bersinergi bersama PSSI menggelar aktifitas offair untuk menggaungkan turnamen sepak bola bergengsi kelompok umur ini.

“Kami menyambut baik kepercayaan yang diberikan FIFA kepada SCM Grup untuk dapat menyiarkan seluruh 52 pertandingan FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™ secara eksklusif melalui multiplatform yang dimiliki. Dengan cakupan jangkauan yang luas, kami harap seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™ dan dapat turut bangga menyaksikan kemegahan pesta sepak bola dunia kelompok umur ini dilaksanakan di bumi pertiwi dan menjadi saksi perjuangan Timnas Indonesia U-17 berlaga mengharumkan nama bangsa”, tutur Ibu Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM.

SCM Grup Siarkan Secara LIVE 52 Pertandingan

SCM Grup akan menyiarkan 52 pertandingan FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™ yang terbagi melalui siaran LIVE free to air di INDOSIAR dan SCTV yang telah bertransformasi siaran digital dengan kualitas gambar HD. Sebanyak 32 pertandingan akan ditayangkan oleh INDOSIAR sementara SCTV akan menyiarkan 18 pertandingan.

Opening Ceremony FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™ akan ditayangkan serentak oleh INDOSIAR, SCTV, serta VIDIO. SCM Grup akan menayangkan lengkap LIVE seluruh 52 pertandingan di aplikasi VIDIO, layanan Over The Top (OTT) terbesar di Indonesia, termasuk 9 pertandingan eksklusif di group stage yang tidak disiarkan oleh INDOSIAR dan SCTV.

Sementara bagi pemirsa yang berada pelosok daerah, yang belum terjangkau oleh siaran TV Digital, juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyaksikan turnamen sepak bola dunia tersebut melalui operator TV berbayar Nex Parabola. Seluruh pertandingan FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023 fase penyisihan grup akan berlangsung di sore hari yakni pukul 15:30 WIB (Kick-Off pukul 16.00) dan malam hari pukul 18:30 WIB (Kick-Off pukul 19.00).

Seluruh pertandingan di lapangan dari tayangan FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™ akan diproduksi oleh SCM Grup melalui anak perusahaan VIP (PT Visual Indomedia Produksi). Nantinya seluruh pertandingan FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023 akan diproduksi oleh tim produksi terbaik di Indonesia dengan standar Internasional dibawah supervisi langsung Host Broadcast Service (HBS) FIFA.

SCM Grup juga telah menunjuk anak perusahaan IEG (PT Indonesia Entertainmen Grup), selaku mitra resmi terkait pengelolaan hak penyelenggaraan kegiatan nonton bareng (nobar). Segala bentuk tayangan FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023 yang disiarkan oleh saluran resmi hanya terbatas untuk penggunaan pribadi. Sehingga seluruh kegiatan nobar secara komersial maupun non komersial harus melalui izin secara resmi dan tertulis dari SCM Grup atau IEG.

SCM Grup menghimbau kepada semua pihak untuk menghormati pemegang hak siar resmi dengan tidak melakukan hal-hal yang berpotensi melanggar peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku di wilayah negara Republik Indonesia. SCM Grup berhak dan akan melakukan tindakan hukum terhadap segala bentuk pelanggaran ketentutan tersebut.

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *