Sosialiasi MediaMIND 2024 di USU Tingkatkan Literasi Industri Pertambangan

MIND ID dan Universitas Sumatera Utara (USU), telah sukses menggelar sosialisasi pertama MediaMIND 2024 di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU, Medan, Sumatra Utara, pada Selasa (2082024). Acara ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme tinggi dari kalangan media serta civitas akademika di Sumatra Utara.
MIND ID dan Universitas Sumatera Utara (USU), telah sukses menggelar sosialisasi pertama MediaMIND 2024 di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU, Medan, Sumatra Utara, pada Selasa (2082024). Acara ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme tinggi dari kalangan media serta civitas akademika di Sumatra Utara.

Beritakota.id, Jakarta- PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM), bersama MIND ID dan Universitas Sumatera Utara (USU), telah sukses menggelar sosialisasi pertama MediaMIND 2024 di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU, Medan, Sumatra Utara, pada Selasa (20/8/2024). Acara ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme tinggi dari kalangan media serta civitas akademika di Sumatra Utara.

Agenda sosialisasi ini diwarnai dengan kegiatan yang interaktif, yang menarik perhatian peserta dengan berbagai kuis berhadiah menarik. Para peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan jurnalis, semakin tertarik berpartisipasi dalam kompetisi MediaMIND 2024 setelah mengetahui bahwa total hadiah yang disediakan mencapai ratusan juta rupiah.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Kaprodi Kesehatan Masyarakat FKM USU, Evi Naria, Head of Department Corporate Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika, dan Humas INALUM, Gilang Sukma, yang bertindak sebagai pembicara.

Dalam sambutannya, Evi Naria menekankan bahwa sosialisasi ini adalah momen berharga bagi mahasiswa USU untuk memperluas literasi dan pengetahuan mereka tentang industri pertambangan di Indonesia. Menurutnya, MediaMIND 2024 menyediakan wadah yang ideal bagi mahasiswa untuk lebih mendalami eksistensi BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID, dan seluruh anggotanya.

Baca juga: MIND ID Grup Berhasil Tekan Angka Stunting dan Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

“Terima kasih telah memilih USU sebagai kampus pertama untuk sosialisasi agenda besar ini. MediaMIND 2024 adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan literasi, termasuk literasi digital. Tentunya, kompetisi ini akan kami dorong ke level fakultas,” ujar Evi Naria.

Pratiwa Dyatmika, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa MediaMIND 2024 merupakan ajang bagi jurnalis dan mahasiswa untuk menuangkan pemikiran dan pandangan kritis mereka terkait industri pertambangan di Indonesia melalui karya jurnalistik.

“Pemikiran dan pandangan yang kritis dan konstruktif dari teman-teman jurnalis dan mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membangun industri mineral dan batubara yang sehat dan berkelanjutan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gilang Sukma dari INALUM menguraikan bahwa INALUM, sebagai bagian dari Grup MIND ID, adalah produsen aluminium terbesar di Indonesia yang berdiri sejak 1976. Gilang juga menegaskan komitmen perusahaan terhadap prinsip-prinsip keberlanjutan, salah satunya melalui pengelolaan tiga bendungan dan dua pembangkit listrik tenaga air yang menjadi sumber energi utama dalam operasional INALUM.

INALUM

“Dengan komitmen terhadap lingkungan, INALUM terus menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Kami menjaga keandalan dari tiga bendungan dan dua pembangkit listrik tenaga air sebagai energi utama dalam operasional INALUM,” jelas Gilang.

Baca juga:Alumni Dan Penerima Beasiswa Inggris Perkuat Kerjasama Dan Jejaringan

Tahun ini, MediaMIND 2024 mengusung tema “Merangkai Masa Depan,” yang menyoroti program pemerintah dalam mendorong hilirisasi mineral dan batubara (minerba). Program ini bertujuan untuk memperbesar kontribusi sektor minerba bagi perekonomian nasional dengan meningkatkan nilai tambah komoditas, memperluas peluang pasar, menciptakan lapangan kerja baru, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.

Hilirisasi ini juga diharapkan dapat memperkuat industri hilir, khususnya dalam pengembangan ekosistem baterai untuk kendaraan listrik. MIND ID menetapkan dua kategori dalam kompetisi ini, yakni Media Massa dan Mahasiswa, dengan lima subtema yang meliputi Ekonomi, Industrialisasi, Environmental, Social, and Governance (ESG), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), serta Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik (EV Battery).

Sosialisasi MediaMIND 2024 di Medan menjadi langkah awal yang menjanjikan bagi partisipasi aktif dan kontribusi dari kalangan akademisi dan media dalam pembangunan industri pertambangan yang berkelanjutan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *