Tingkatkan Penjualan FMCG, Compas.co.id Luncurkan Enabler  

Beritakota.id, Jakarta – Compas.co.id resmi meluncurkan layanan E-commerce Enabler sebagai langkah strategis untuk mendukung brand Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) di tengah persaingan yang semakin ketat. Layanan ini dirancang untuk memberikan solusi komprehensif berbasis data dan teknologi mutakhir.

Sebagai bagian dari PT Sukanda Djaya dan grup Diamond Food Indonesia, Compas.co.id memadukan lebih dari 40 tahun pengalaman Diamond dalam distribusi dan pasar ritel makanan dan minuman dengan 12 tahun keahlian Compas.co.id dalam pengelolaan dan analisis data e-commerce. Sinergi ini menjadi pondasi kuat dalam menyediakan solusi menyeluruh yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis sektor FMCG.

Hanindia Narendrata, Co-founder & CEO Compas.co.id, menjelaskan bahwa peluncuran layanan ini didorong oleh tren pertumbuhan pesat pasar e-commerce FMCG. “Nilai penjualan FMCG di e-commerce pada tahun 2024 meningkat sebesar 32% dan diproyeksikan tumbuh 19% lagi pada 2025. Ini adalah peluang besar bagi brand yang ingin memaksimalkan potensi penjualannya. Dengan paduan e-commerce market insight dan layanan e-commerce enabler, Compas.co.id hadir untuk membantu brand FMCG memadukan operasional berbasis strategi data yang akurat,” ujar Hanindia dalam keterangan resminya, Rabu (22/01/2025).

Menurutnya banyak brand menghadapi kendala seperti analisis pasar untuk memahami kebutuhan konsumen, pengelolaan toko online, termasuk layanan pelanggan, dan manajemen logistik dan pergudangan yang efektif. Kesalahan dalam aspek tersebut dapat berdampak buruk, seperti produk rusak akibat penyimpanan yang tidak tepat atau kerugian akibat stok melewati masa kedaluwarsa.

Untuk mengatasi tantangan ini, Compas.co.id menawarkan solusi berupa Data-Driven Insight for Strategic Advantage di Enabler. Fitur ini membantu brand memahami pola permintaan pasar, memprediksi kecepatan penjualan produk, dan menentukan waktu optimal untuk restock. Pendekatan ini mencegah kerugian akibat stok yang tidak efisien, terutama untuk produk dengan kebutuhan penyimpanan khusus seperti makanan beku dan minuman.

Kedua, High Order Success Rate with Advanced Automation. Fitur ini mengotomatisasi pengelolaan pesanan, pembaruan stok secara real-time, dan pengiriman melalui logistik terintegrasi. Teknologi Virtual Bundling memungkinkan pengelolaan stok antara produk tunggal dan paket secara otomatis, dengan integrasi lintas marketplace dalam satu dashboard terpadu.

Ketiga, Advanced CRM Analysis. Teknologi ini menganalisis pola perilaku konsumen meskipun data pelanggan di marketplace bersifat anonim. Dengan kombinasi analisis data dan agregasi pola, fitur ini membantu brand meningkatkan loyalitas pelanggan melalui strategi retensi yang efektif tanpa melanggar kebijakan privasi marketplace.

Baca juga : Cara Meningkatkan Keamanan Pembayaran Online E-commerce

Peningkatan Performa Secara Signifikan

Hanindia mengungkapkan, “Dalam dua tahun terakhir, layanan ini telah diuji coba dengan brand eksklusif dan berhasil meningkatkan performa mereka secara signifikan. Salah satu klien kami mencatatkan pertumbuhan GMV bulanan hingga tiga kali lipat dalam tahun pertama, dengan peningkatan kuartalan sebesar 32,2% dan pertumbuhan tahunan (YoY) mencapai 292%. Bahkan di Shopee, lonjakan penjualan mencapai 737,2%.”

Selain itu, klien juga berhasil mempertahankan performa toko yang unggul dengan rating toko: 4,9, durasi pengiriman rata-rata: di bawah 28 menit, serta tingkat respons chat pelanggan: 100%.

Keberhasilan ini menciptakan pengalaman belanja yang positif bagi konsumen sekaligus meningkatkan daya saing klien di pasar. Saat ini, Compas.co.id telah mengelola lebih dari 1.400 SKU dari 87 brand makanan dan minuman di Indonesia, mencakup kategori frozen, chill, dry, dan liquid.

“Kami percaya bahwa pendekatan berbasis data dan teknologi automasi adalah kunci untuk menghadapi persaingan e-commerce yang semakin dinamis. Dengan layanan ini, kami optimis dapat menjadi mitra strategis brand FMCG di Indonesia untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” tutup Hanindia.

Dengan peluncuran ini, Compas.co.id memperkuat posisinya sebagai pelopor layanan e-commerce berbasis insight dan teknologi, membantu brand FMCG tidak hanya bertahan tetapi juga unggul di pasar e-commerce Indonesia. (Herman Effendi/Lukman Hqeem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *