Batik Complongan Indramayu Jadi Ikon Gelaran Batik Nusantara 2023

Gelar Batik Nusantara 2023 akan segera digelar pada 2 Agustus hingga 6 Agustus di Senayan Park
Gelar Batik Nusantara 2023 akan segera digelar pada 2 Agustus hingga 6 Agustus di Senayan Park

Beritakota.id, Jakarta – Yayasan Batik Indonesia (YBI) akan menggelar event tahunan Gelar Batik Nusantara 2023 yang berlangsung pada 2 hingga 6 Agustus di Senayan Park

Tema yang diusung pada acara ini adalah “Batik Bangkit” sebagai bentuk semangat untuk memajukan industri batik tanah air setelah 3 tahun terdampak pandemi covid-19. YBI ingin membangkitkan lagi industri batik Indonesia dengan memberikan ilustrasi batik tambal pada ikon ragam hias batik yang dipilih dan di dalamnya motif batik dari berbagai daerah di Indonesia mencerminkan keragaman keindahan batik nusantara.

Ketua pelaksana Gelar Batik Nusantara 2023, Diana Santosa menyampaikan, GBN 2023 mengangkat keindahan batik tulis Complongan Indramayu sebagai salah satu jenis batik yang mendapatkan Indikasi Geografis. “Keindahan motif dan kualitas batik ini menjadi representasi seni dan keahlian budaya yang turun temurun di wilayah Indramayu, Jawa Barat. Kolaborasi ini diharapkan akan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap batik Indramayu yang mempunyai keunikan tersendiri, “ujarnya dalam konferensi pers yang digelar di Senayan Park.

Lanjutnya, salah satu aspek penting bagi perkembangan batik di Indonesia dengan keunikan dan identitas daerah asal, adalah ketika Indonesia telah memiliki sistem penetapan indikasi geografis. Sampai saat ini Indikasi Geografis tersebut telah berhasil menetapkan empat sertifikat IG Batik yaitu, Sarung Batik Pekalongan, Batik Nitik Yogyakarta, Batik Besurek Bengkulu, dan Batik Tulis Complongan Indramayu.

Gelar Batik Nusantara 2023 dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo sebagai bentuk dukungan pemerintahan terhadap misi YBI untuk melestarikan batik Indonesia.

Acara GBN 2023 terbuka untuk umum, serta akan menampilkan lebih dari 250 booth UMKM batik Indonesia dan juga kuliner nusantara. Selain itu, acara ini juga akan menyuguhkan berbagai kegiatan menarik seperti talkshow seputar batik, kompetisi batik, sesi high tea dan fashion show oleh 6 designer Indonesia yaitu Didi Budiarjo, Chossy Latu, Wilson William, Hutama Adi, Priyo Octaviano, Gea Panggabean yang akan mengangkat karyanya untuk batik Indramayu.

Pada GBN 2023 juga akan diadakan charity dan fun raising yang bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia, pemerintah daerah Indramayu dan pelelangan dua unit vespa batik dari Piaggio Indonesia yang bertujuan untuk membantu pemberdayaan perempuan dan para penderita kanker di Indonesia.

GBN juga bekerjasama dengan 3 interior design Indonesia, Agam Riyadi, Anita Boentarman, dan Hardian Thomas mengelola Home and Living yang bisa menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan batik sebagai bagian dari interior rumah. Menutup seluruh rangkaian acara GBN 2023 akan diadakan Fun walk and Run sejauh 5K.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *